Nasional

Jokowi Lantik 5 Gubernur dan 6 Wakil Gubernur, Termasuk Wagubri

Jokowi Lantik 5 Gubernur dan 6 Wakil Gubernur, Termasuk Wagubri
Jokowi melantik lima gubernur dan enam wakil gubernur. (detik.com)
Jum'at, 12 Mei 2017 18:18 WIB
JAKARTA - Presiden Joko Widodo (Jokowi) melantik lima pasangan gubernur dan wakil gubernur hasil Pilkada Serentak 2017, di Istana Negara, Jumat (12/5/2017).

Pada waktu yang sama Jokowi juga melantik Wakil Gubernur Riau (Wagubri) Wan Thamrin Hasyim. Wan Thamrin baru saja dipilih lewat voting di DPRD, untuk mengisi sisa jabatan 2014-2019.

Pelantikan para kepala daerah ini dihadiri Wakil Presiden Jusuf Kalla, Menko Polhukam Wiranto, Menteri Dalam Negeri Tjahjo Kumolo, Kapolri Jenderal Tito Karnavian, dan Panglima TNI Jenderal Gatot Nurmantyo

Hadir juga presiden ke-3 RI BJ Habibie, presiden ke-5 Megawati Soekarnoputri, Ketua DPR Setya Novanto, serta Ketua DPD Oesman Sapta.

Prosesi pelantikan ini diawali dengan kirab. Para kepala daerah yang akan dilantik berjalan dari Istana Merdeka ke Istana Negara.

Jokowi kemudian membacakan sumpah jabatan dan diikuti para kepala daerah.

''Sebelum saudara-suadara mengucapkan sumpah janji sebagai gubernur dan wakil gubernur di masing masing provinsi, bersediakah saudara mengucapkan janji sesuai dengan agama masing-masing?'' tanya Jokowi..

''Bersedia,'' jawab para kepala daerah.

''Apabila bersedia, silakan mengulangi kata-kata saya,'' imbuh Jokowi.

Usai pengucapan sumpah jabatan, satu per satu kepala daerah menandatangani berita acara pengangkatan di hadapan Jokowi. Acara dilanjutkan dengan memberi ucapan selamat oleh Presiden dan Wakil Presiden diikuti oleh tamu undangan.

Kelima kepala daerah yang dilantik adalah Banten, Gorontalo, Sulawesi Barat, Bangka Belitung, dan Papua Barat. Ikut pula dilantik wagub baru Riau yang dipilih dalam sidang paripurna DPRD.

Berikut nama-nama yang dilantik oleh Jokowi:

1. Wahidin Halim-Andika Hazrumy (Banten)

2. Rusli Habibie-Idris Rahim (Gorontalo)3. Ali Baal Masdar-Enny Anggraeni Anwar (Sulawesi Barat)

4. Erzaldi Rosman Djohan-Abdul Fatah (Bangka Belitung)

5. Dominggus Mandacan-Mohamad Lakotani (Papua Barat)

6. Wan Thamrin Hasyim (Wakil Gubernur Riau). *** 

Editor:hasan b
Sumber:detik.com dan liputan6.com
Kategori:GoNews Group, Pemerintahan, Politik
wwwwww