Warga Banda Buek, Seberang Padang, Pengambiran Dapat Pemasangan Sambungan Baru dari PDAM Padang Lewat Program MBR

Warga Banda Buek, Seberang Padang, Pengambiran Dapat Pemasangan Sambungan Baru dari PDAM Padang Lewat Program MBR
Direktur Umum PDAM Padang, Hendra Febrizal
Senin, 08 Mei 2017 13:34 WIB
Penulis: Agib Noerman

PADANG - Perusahaan Air Minum Daerah (PDAM) Padang berencana meneruskan program pemasangan air minum untuk masyarakat berpenghasilan rendah. Pada tahun 2017 ini, PDAM melakukan 1000 unit pemasangan baru yang sudah diusulkan ke pemerintah. Pemasangan baru MBR tahun ini diprioritaskan di wilayah selatan Kota Padang meliputi Banda Buek, Seberang Padang dan Pengambiran.

Menurut Direktur Umum PDAM, Hendra Febrizal pihaknya sengaja membatasi pemasangan baru 1000 unit disebabkan over kapasitas produksi tidak ada sedangkan kebutuhan pelanggan meningkat. "Tapi tahun lalu PDAM melakukan 5000 unit pemasangan baru," kata Hendra kepada wartawan GoSumbar dalam beberapa kesempatan.

Program MBR merupakan program Kementrian PUPR bagi masyarakat berpenghasilan rendah dalam mendapatkan kebutuhan air. PDAM Padang sudah mengajukan program bantuan ini sejak Oktober tahun 2016 setelah melalui verifikasi. PDAM dalam hal ini hanya mendata masyarakat untuk mendapatkan program MBR ini dan Kementrian PUPR menyetujui.

"Kami sudah menerima perjanjian hibah daerah. Sementara pemasangan akan dilakukan sekitar bulan Juli atau Agustus,. Jadi, kalau ada perintah pasang dari pusat baru akan kita pasang," tambahnya.

Hendra menambahkan guna meningkatkan kebutuhan air masyarakat, PDAM menambah 100 liter per detik produksi air. Penambahan itu, sebut Hendra dilakukan di daerah Air Dingin. "Setelah itu baru kita pasang sambungan baru," timpalnya.(***)

wwwwww