3 Oknum Pegawai Rutan Sialang Bungkuk Diduga Jadi 'Pemicu' Bentrok dan Sebabkan 448 Tahanan Kabur

3 Oknum Pegawai Rutan Sialang Bungkuk Diduga Jadi Pemicu Bentrok dan Sebabkan 448 Tahanan Kabur
Minggu, 07 Mei 2017 15:56 WIB
Penulis: Hermanto Ansam
PEKANBARU - Tragedi luar biasa dimana 448 tahanan Rumah Tahanan (Rutan) Kelas 2B Pekanbaru di Jalan Sialang Bungkuk Kelurahan Sialang Rampai Kecamatan Tenayan Raya Pekanbaru kabur serentak, diduga disebabkan perlakuan tidak manusiawi oleh petugas rutan terhadap warga binaan.

Informasi yang diperoleh GoRiau.com, ada 3 oknum yang diduga kuat menjadi pemicu kemarahan penghuni.

Informasi sementara, tiga oknum ini berinisial Fk, Wr dan Tm. Ketiganya melakukan tindakan berbeda-beda dan tidak manusia terhadap tahanan. Mulai dari pemukulan, pemerasan dan tindakan yang tidak menyenangkan lainnya.

Dari keterangan penghuni Lapas (narapidana) bahwa akar permasalahan terjadi  akibat penghuni Lapas sering mendapatkan perlakuan yang tidak baik dari petugas Lapas yang berinisial Wr dan Tf

Diduga beberapa orang termasuk tiga pegawai Rutan tersebut sering melakukan pungli terhadap narapidana, narapidana tidak mendapatkan pelayanan yang baik dan terjadi penganiayaan terhadap narapidana dan banyak hal lainnya.

Sementara itu Kapolda Riau Irjen Zukarnain saat dikonfirmasi mengatakan, tim sedang menyelidiki adanya pungutan liar. Pihaknya terus bekerja maksimal dan berharap masalah ini segera bisa dituntaskan.

''Soal adanya oknum-oknum di dalamnya, nanti kita sampaikan. Kita masih bekerja,'' tegasnya. ***

wwwwww