Ratusan Napi Sialang Bungkuk Pekanbaru Kabur, Gubernur Riau Minta Aparat Segera Bertindak

Ratusan Napi Sialang Bungkuk Pekanbaru Kabur, Gubernur Riau Minta Aparat Segera Bertindak
Salah satu Napi Rutan Sialang Bungkuk Pekanbaru berhasil ditangkap di semak-semak.
Jum'at, 05 Mei 2017 16:40 WIB
Penulis: Ratna Sari Dewi
PEKANBARU - Gubernur Riau, H Arsyadjuliandi Rachman meminta aparat berwajib untuk segera menangkap ratusan narapidana (Napi) yang kabur dari Rumah Tahanan (Rutan) Sialang Bungkuk, Kecamatan Tenayan Raya, Pekanbaru, Riau, Jumat (5/5/2017) siang tadi.

Peristiwa ini membuat masyarakat resah, sebab beberapa tahanan yang kabur dikabarkan mencoba merampas kendaraan penduduk dan menyandera anak-anak.

"Kita sedang berkoordinasi dengan Kanwil Kemenkumham dan aparat terkait untuk memantau situasi di sana. Kita berharap dengan koordinasi bisa mengatasi masalah," kata Andi Rachman dihubungi GoRiau.com dari Pekanbaru, Jumat sore.

Diberitakan sebelumnya, sekitar 300 napi itu berhasil kabur saat salah satu blok yang berisi 100 tahanan terlibat bentrok sesama napi sekira pukul 12.45 WIB, Jumat siang tadi.

Sayangnya, jumlah petugas serta sipir yang ada, tak mampu meredam bentrok tersebut. Nahas, saat insiden bentrokan terjadi, ratusan napi memanfaatkan kesempatan itu untuk melarikan diri dari Rutan. Namun, setidaknya, sekitar kurang lebih 10 napi yang kabur telah berhasil ditangkap kembali.Menurut informasi sejumlah warga sekitar Jalan Sialang Bungkuk, Kecamatan Tenayan Raya, Pekanbaru, kepada GoRiau.com (GoNews Grup), para napi ini kabur dengan memencar, ada yang masuk kesemak-semak.

Bahkan menurut informasi, ada yang berusaha merampas sepeda motor warga untuk digunakan sebagai sarana melarikan diri. Sejumlah personel Polisi, baik dari Polsek Tenayan Raya dan Polresta Pekanbaru sudah disebar untuk mengejar ratusan napi ini.

"Petugas dilapangan sedang melakukan pengejaran dan sudah disebar," ujar Kasubag Humas Polresta Pekanbaru, Ipda Dodi Vivino SH MH saat dikonfirmasi GoRiau.com (GoNews Grup) terkait kaburnya ratusan napi Rutan Sialang Bungkuk ini.Terkait dengan insiden kaburnya ratusan napi Rutan Sialang Bungkuk ini, Polresta Pekanbaru mengimbau kepada masyarakat Pekanbaru, khususnya di sekitar Kecamatan Tenayan Raya untuk waspada.

"Kita mengimbau agar masyarakat waspada dan segera berkoordinasi dengan pihak Kepolisian jika melihat orang-orang yang mencurigakan," tutupnya. ***

wwwwww