Home > Berita > Umum

Gubernur Sumbar Kagumi Semangat Masyarakat Aceh

Gubernur Sumbar Kagumi Semangat Masyarakat Aceh
Gubernur Sumatera Barat Irwan Prayitno saat diwawancarai wartawan di Museum Tsunami, Banda Aceh, Kamis (4/5/2017). [Safdar]
Kamis, 04 Mei 2017 22:12 WIB
Penulis: Safdar

BANDA ACEH - Meseum Tsunami Aceh terlihat ramai dikunjungi wisatawan jelang dimulainya Pekan Nasional Kelompok Tani dan Nelayan Andalan (Penas). Wisatawan ini tak hanya datang dari kabupaten kota di Aceh, melainkan dari provinsi lain, bahkan dari luar negeri.

Gubernur Sumatera Barat, Irwan Prayitno juga terlihat sangat antusias menyaksikan bekas-bekas reruntuhan tsunami yang tersimpan di dalam gedung Museum Tsunami tersebut.

"Kalau dilihat dari reruntuhan tsunami ini menjadi pelajaran bagi kita semua agar selalu waspada dan siap siaga, mengingat daerah kita sangat rawan bencana," ujarnya saat diwawancarai wartawan di Museum Tsunami di Banda Aceh, Kamis (4/5/2017).

Menurutnya, semangat masyarakat Aceh untuk bangkit dari musibah yang menimpanya sangat besar, sehingga Dia menilai masyarakat sudah mampu belajar dan bangkit dari trauma. "Masyarakat sudah bangkit dan pulih dari trauma bencana tersebut. Saya sudah melihat betapa cepatnya masyarakat Aceh bangkit, baik pembangunan dan masyarakatnya sendiri," tambahnya.

Menurutnya kunjungan ke Aceh ini merupakan agendanya mengikuti Penas, yang akan dibuka oleh Presiden Joko Widodo, 6 Mei mendatang.

Sementara itu, amatan GoAceh sekelompok wisatawan asal Malaysia juga sangat antusias mendengarkan penjelasan dari petugas Museum Tsunami. Wisatawan ini terlihat melakukan tanya jawab bagaimana peristiwa tsunami terjadi hingga pemulihan terhadap masyarakat.

Perlu diketahui, selain sebagai museum, gedung yang berada di depan Lapangan Blang Padang ini juga menjadi gedung evakuasi, jika bencana tsunami itu kembali terjadi.

Editor:TAM
Kategori:Umum
wwwwww