Orang Tertua di Dunia Mbah Goto Tutup Usia, Ngotot Minta Pulang dari Rumah Sakit karena Ingin Meninggal di Rumah

Orang Tertua di Dunia Mbah Goto Tutup Usia, Ngotot Minta Pulang dari Rumah Sakit karena Ingin Meninggal di Rumah
Mbah Goto. (dream.co.id)
Senin, 01 Mei 2017 11:09 WIB
SRAGEN - Suparman Sodimejo, akrab disapa Mbah Gotho, yang disebut-sebut sebagai orang tertua di dunia, menutup usia pada Minggu (30/4) sore, sekitar pukul 17.45 WIB. 

Kabar wafatnya pria yang mengaku lahir tahun 1870 itu, dibenarkan sang cucu, Suryanto.

?Suryanto menceritakan, saat meninggal dunia, sejumlah kerabat cucu dan cicit Mbah Gotho menungguinya di kediaman  di Cemeng, Segaran, Sambungmacan, Sragen.

''Tadi sore Mbah Gotho meninggalnya. Padahal kondisinya seharian tadi lumayan membaik dibandingkan hari-hari kemarin,'' kata dia Minggu malam, 30 April 2017.

Diceritakan Suryanto, sejak enam hari terakhir Mbah Gotho tidak mau makan dan minum. Bahkan, saat mencoba disuapi jenang maupun bubur, pria yang disebut tertua di dunia itu selalu menolaknya.

Tak cuma makanan. Mbah Gotho juga selalu menolak saat disuapi air minum.  ''Makan nggak mau. Kalau minum cuma saya tetesin saya di mulutnya juga diusap,'' katanya.

Kondisi Mbah Gotho yang tak mendapat asupanan selama enam hari terakhir membuat keluarga keheranan. ''Kok bisa kuat selama 6 hari tidak makan dan minum,'' ucapnya.

Sebelumnya Mbah Gotho memang sempat dilarikan ke rumah sakit pada 12 April lalu. Saat itu pihak dokter RSUD Sragen mendiagnosa jika ia menderita infeksi saluran pencernaan yang dibarengi dengan pendaraan di bagian lambung.

''Lha sejak saat itu, Mbah Gotho minta pulang terus dari rumah sakit. Simbah bilang mati uripku (mati hidupku, red) di rumah,'' ucapnya.

Suryanto mengatakan Mbah Gotho rencananya akan dimakamkan di pemakamam umum di kampungnya di Cemeng, Segarang, Sambungmacan, Sragen hariini. ''Pemakaman akan dilakukan sekitar pukul 11.00 WIB,'' sebutnya.***

Editor:hasan b
Sumber:dream.co.id
Kategori:GoNews Group, Umum, Peristiwa
wwwwww