Hebat, Alumni dan Guru SMA 4 Padang Dirikan Koperasi Bantu Perekonomian Rekan se-Angkatan

Hebat, Alumni dan Guru SMA 4 Padang Dirikan Koperasi Bantu Perekonomian Rekan se-Angkatan
Anggota Koperasi Yayasan Zaara foto bersama.
Senin, 01 Mei 2017 11:00 WIB
Penulis: Agib Noerman
PADANG - Alumni dan guru SMA 4 Padang membentuk koperasi simpan pinjam. Kehadiran koperasi dibawah naungan Yayasan Zaara ini untuk mendukung dan memajukan usaha kecil yang digerakan para alumni.

"Dibentuknya koperasi ini hanya untuk silaturahmi sesama alumni SMA 4 Padang. Seiring perjalanan, modal koperasi ini bertambah. Ada ide dari kawan-kawan untuk mengembangkan koperasi ini mendukung dan memajukan usaha kecil yang digiatkan sesama alumni," kata Zulkifli AR, Pembina Koperasi Yayasan Zaara, Minggu (30/4/2017) di Kimos Cafe.

Disebutkan perwira menengah polisi ini, adanya koperasi sangat mendukung para pelaku usaha kecil dan menengah dalam memajukan usaha yang dirintis. Koperasi sambungnya tidak harus memiliki simpanan pokok dan simpanan wajib yang jumlahnya besar.

Namun bisa dengan kesadaran dan kesepakatan anggota dan apabila jumlah anggota bertambah, dana yang kecil akan menjadi besar, tentunya dengan kesolidan para anggotanya

Zulkifli mencontohkan, beberapa waktu lalu ada rekan alumni SMA 4 Padang yang membutuhkan modal untuk usaha kecil. "Awalnya rekan tersebut hanya maksimal bisa meminjam Rp1 juta. Sekarang ini sudah bisa meminjam Rp2 juta," kata Zulkifli sambil menambahkan anggota koperasi berasal dari alumni dan guru SMA 4 Padang.

Zulkifli mengharapkan agar anggota dapat kompak dalam hal memajukan koperasi. “Kita bentuk koperasi ini, selain untuk menjaga silaturahmi juga untuk masing masing memajukan usaha para alumni yang saat ini ada yang menjadi pelaku usaha dengan menciptakan sebuah produk untuk melangsungkan hidupnya,” lanjutnya.

Dikatakannya, dengan simpanan pokok senilai Rp 200.000 dan simpanan wajib senilai Rp 20.000 per bulan, akan mempermudah bergeraknya koperasi untuk dimulai dalam jangka waktu selama lamanya.

“Kita berharap dan harus yakin, koperasi ini akan berjalan selamanya dengan niat mensejahterakan para anggota," ungkapnya sambil menambahkan hingga saat ini anggota koperasi sudah beranggotakan 60 orang.(***)
loading...
wwwwww