Terpopuler 24 Jam Terakhir
1
PSS Sleman Siapkan Kejutan Untuk Laga Lawan Madura United
Olahraga
24 jam yang lalu
PSS Sleman Siapkan Kejutan Untuk Laga Lawan Madura United
2
Usai Operasi Cedera Lutut, Dua Pemain PSIS Jalani Fisioterapis
Olahraga
24 jam yang lalu
Usai Operasi Cedera Lutut, Dua Pemain PSIS Jalani Fisioterapis
3
Eva Mendes Mundur dari Dunia Akting Demi Anak
Umum
19 jam yang lalu
Eva Mendes Mundur dari Dunia Akting Demi Anak
https://green.radenintan.ac.id/max/https://bkpsdm.tanahlautkab.go.id/galaxy/https://143.198.234.52/sonic77
Home  /  Berita  /  Pemerintahan

Wako Mahyeldi: Pemko Padang Galakkan Tanam Cabe Polibag

Wako Mahyeldi: Pemko Padang Galakkan Tanam Cabe Polibag
Wali Kota Padang Mahyeldi memotong tumpeng pada acara HUT Yayasan AFTA di Sekretariat DPP IKA Pertanian Unand di Kompleks GOR H. Agus Salim, Sabtu (22/4/2017). Pada HUT AFTA tersebut juga diselenggarakan pameran produk pertanian.
Minggu, 23 April 2017 16:12 WIB
PADANG – Warga Kota Padang masih bergantung dengan daerah lain terkait kebutuhan pangan. Kondisi ini disebabkan kondisi lahan produksi yang serba terbatas. Untuk itu, Kota Padang memerlukan terobosan baru dan inovasi pertanian.

Hal itu dikatakan Wali Kota Padang Mahyeldi Ansharullah di depan Alumni Pertanian Unand pada acara HUT Yayasan AFTA ke XIV di Sekretariat DPP IKA Pertanian Unand di Kompleks GOR Agus Salim, Sabtu (22/4/2017).

Dijelaskan Mahyeldi, saat ini Pemko Padang sedang menggalakkan penanaman cabe di polibag sebagai salah satu upaya untuk mengantisipasi kelangkaan dan mahalnya harga cabe di pasaran. Disamping itu, penanaman jenis tanaman lain juga perlu digiatkan terus dengan memanfaatkan lahan produktif yang belum dikelola dengan baik.

“Kedepan, untuk meningkatkan ketahanan dan keamanan pangan, kita akan memprogramkan satu kelurahan satu komoditi, atau one kelurahan one comodity (OK-OC),”ujar Mahyeldi.

Lebih lanjut dijelaskan, program OK-OC memanfaatkan pekarangan rumah warga di masing-masing kelurahan untuk ditanami pelbagai jenis tanaman. Misalnya, warga Padang Baru menanam Sirsak, warga Ampang menanam Pepaya, warga Purus menanam Jambu Biji, warga Alai Parak Kopi menanam Belimbing dan seterusnya, sehingga masing-masing kelurahan mempunyai ciri khas tersendiri.

“Dengan demikian, program OK-OC tersebut juga bisa sebagai penambah daya tarik wisata melalui ekowisata,” tambah Ketua Umum DPP IKA Pertanian Unand tersebut.

Disamping itu, pembinaan dan pengembangan pertanian ditingkat kawasan juga perlu menjadi perhatian. Seperti, di daerah Lubuk Minturun, yang mana usaha masyarakat semakin berkembang dalam membudidayakan bibit tanaman dan bunga-bungaan. Daerah Limau Manis yang terkenal dengan buah Manggis, kawasan Taman Hutan Raya Bung Hatta untuk agrowisata, dan masih banyak daerah lain yang sangat berpotensi untuk dikembangkan.

“Kami sangat yakin, pengembangan sektor pertanian yang berbasis perkotaan jika dikemas dengan sebaiknya, pada gilirannya nanti akan memberikan kontribusi terhadap perkembangan perekonomian warga Kota Padang,” tutur Mahyeldi.

Untuk itu, Mahyeldi sangat mengharapkan partisipasi Yayasan AFTA dalam pembangunan Kota Padang khususnya dibidang pertanian, karena masih banyak hal-hal yang belum dapat diselesaikan karena terbatasnya kemampuan yang ada. “Melalui pameran produk pertanian yang diselenggarakan dalam rangka HUT Yayasan AFTA, kita berharap bisa menjadi salah satu bentuk peran aktif AFTA dalam menciptakan ketahanan dan keamanan pangan di Kota Padang,” tutup Mahyeldi. (humas)

Editor:Agib Noerman
Kategori:Pemerintahan, GoNews Group, Padang
wwwwwwhttps://green.radenintan.ac.id/max/https://bkpsdm.tanahlautkab.go.id/galaxy/https://143.198.234.52/sonic77