Atlet Remaja Amerika Akhirnya Diizinkan Bertinju Pakai Jilbab

Atlet Remaja Amerika Akhirnya Diizinkan Bertinju Pakai Jilbab
Amaiya Zafar. (tempo.co)
Minggu, 23 April 2017 18:11 WIB
MINNEAPOLIS - Amaiya Zafar, atlet tinju remaja muslimah Amerika Serikat, akhirnya diizinkan bertinju mengenakan jilbab.

Dikutip dari tempo.co, Amaiya akan diizinkan menutup rambut, kaki, dan lengannya sejalan dengan ajaran agamanya pada pertandingan resmi pertamanya di Minneapolis.

Asosiasi tinju Amerika Serikat selama iniĀ  mensyaratkan petinju memakai seragam tanpa lengan dan celana pendek. Namun, untuk kasus Amaiya, dia diberikan pengecualian.

''Ini langkah besar baginya. Dia sudah bekerja keras. Dia berhak untuk menunjukkan kemampuannya. Saya juga senang dengan keputusan itu. Langkah berikutnya adalah untuk dia mencapai impiannya,'' kata pelatih Amaiya, Nathaniel Haiel.

Amaiya (16), yang berasal dari Oakdale, pinggiran kota Minneapolis, sebelumnya dilarang bertanding di Florida setelah pejabat mengatakan, dia tidak bisa memakaiĀ legging, jersey lengan panjang dan menutup rambutnya.

Mengomentari keputusan terbaru itu, Amaiya mengatakan, dirinya sangat gembira dan sudah siap untuk melanjutkan impiannya.

Gadis itu mengatakan, keikutsertaannya dalam pertandingan di Minneapolis untuk nantinya bergabung Olimpiade 2020 yang diadakan di Tokyo.

Untuk rencananya ikut Olimpiade 2020, Amaiya masih harus berjuang untuk mendapat persetujuan organisasi tinju internasional (AIBA).***

Editor:hasan b
Sumber:tempo.co
Kategori:GoNews Group, Olahraga
wwwwww