DPR RI: Meski Minim Anggaran, Kegiatan Kwarnas Gerakan Pramuka Tetap Maksimal

DPR RI: Meski Minim Anggaran, Kegiatan Kwarnas Gerakan Pramuka Tetap Maksimal
Kamis, 13 April 2017 21:55 WIB
JAKARTA - Komisi X DPR RI mengapreasiasi banyaknya kegiatan pembinaan generasi muda yang dilakukan Kwarnas Gerakan Pramuka.

''Walaupun anggaran Kwarnas Gerakan Pramuka Rp10 miliar per tahun, namun kegiatan yang dilakukan Kwarnas Gerakan Pramuka tetap maksimal,'' kata Sutan Adil Hendra, anggota DPR RI dari Fraksi Gerindra

Hal itu disampaikan Sutan Adil Hendra setelah melihat video tayangan kegiatan Kwarnas Gerakan Pramuka yang berdurasi selama 23 menit, saat Rapat Dengar Pendapat Umum (RDPU) antara Komisi X DPR RI dengan Kwarnas Gerakan Pramuka pada Kamis sore, 13 April 2017

Hal yang sama juga disampaikan Dadang Rusdiana dari Fraksi Hanura. Menurutnya, banyak yang sudah dilakukan Kwarnas Gerakan Pramuka, ''Saya mendukung penuh terutama kegiatan-kegiatan tingkat nasional yang mempertemukan anak-anak Indonesia''.

Sementara itu, Muslim dari Fraksi Demokrat memahami kendala keuangan yang dihadapi Gerakan Pramuka. ''Saya melihat Kak Adhyaksa Dault dan jajarannya di Kwarnas sudah maksimal, kita sudah melihat banyak kegiatan yang dilakukan, kita ingin Gerakan Pramuka terus menjadi garda terdepan dalam menguatkan karakter generasi muda,'' ujar anggota DPR RI dari Dapil Aceh ini.

Anggota DPR lainya, Arzeti Bilbina dari Fraksi PKB juga mengapresiasi Kwarnas Gerakan Pramuka, utamanya program Kwarnas Gerakan Pramuka yang mengajak anggotanya membuat video untuk mempromosikan pariwisata dan potensi daerah. ''Saya sudah lihat beberapa video karya anak Pramuka, semoga video-video tersebut menginspirasi anak-anak Indonesia lainnya,'' ujar Arzetti yang berasal dari Daerah Pemilihan Jawa Timur.

Rapat yang dimulai pukul 14.00 ini berakhir pada 16.15, dipimpin oleh Ferdiyansah, Anggota DPR RI dari Fraksi Golkar. Dalam pesan penutup, ia mengatakan Komisi X DPR RI akan menyampaikan hal ini kepada pemerintah, ia juga berharap kegiatan-kegiatan Pramuka juga memberikan kemampuan-kemampuan nyata bagi peserta didik seperti pidato, wirausaha, dan lain-lain.

Dalam rapat tersebut, Ketua Kwarnas Gerakan Pramuka, Adhyaksa Dault menjelaskan bahwa saat ini Kwarnas Gerakan Pramuka sedang menjalankan misi kemanusiaan untuk membantu musibah kelaparan di sepuluh negara Afrika. Kemudian pada 13 – 21 Agutus 2017 nanti, Kwarnas Gerakan Pramuka akan mengadakan Raimuna Nasional ke-11 di Bumi Perkemahan Cibubur, Jakarta. Kegiatan ini mempertemukan anak-anak Indonesia dari seluruh Provinsi dan Kota/Kabupaten se NKRI.

''Saat Raimuna Nasional nanti, akan berkumpul 15.000 Pramuka dari seluruh Indonesia, inilah salah satu pertemuan generasi muda terlengkap di Indonesia. Mereka akan jadi perekat NKRI setelah pulang ke daerah masing-masing. Kita juga kampanyekan setiap hari agar Pramuka menggunakan media sosial untuk kepentingan Indonesia, usia anggota Gerakan Pramuka 7 – 25 tahun, mereka pengguna medsos aktif semua, kegiatan-kegiatan Pramuka bisa di cek media sosial, salah satunya di Instagram resmi kami, yaitu: @GerakanPramuka,'' jelas Adhyaksa Dault yang juga mantan Mempora RI 2004-2009 ini

Hadir dalam RDPU tersebut, para pimpinan Kwarnas dan beberapa Andalan Nasional, diantaranya, Ketua Kwarnas Adhyaksa Dault, Waka Kwarnas Bidang Binamuda, Prof. Dr. Budi Prayitno, Waka Kwarnas Bidang Binawasa, Susi Yuliati, Waka Kwarnas BUMGP, Ridjal J. Kotta, Waka Kwarnas Bidang Orgakum, Kodrat Pramudho, Waka Kwarnas Bidang Lingkungan Hidup, Abdul Shobur, Waka Kwarnas Bidang Renbangma, Marbawi, Sekjen Kwarnas, Rafli Effendi, Bendahara Kwarnas, Bagas Adhadirgha, Kepala Puslitbangnas, Prof. Dr. Wan Abbas, Annas Kominfo, Hariqo Wibawa Satria, Annas Orgakum, Rioberto P. Sidauruk, Annas Lingkungan Hidup dan Kesakaan, Sukro Muhab, dan Ketua DKN, Yudha Adhyaksa. ***

Editor:Hermanto Ansam
Kategori:Pemerintahan, GoNews Group
wwwwww