Kampus Ditutup, Mahasiswa Akkes Aceh Utara Demo ke DPRA

Kampus Ditutup, Mahasiswa Akkes Aceh Utara Demo ke DPRA
Mahasiswa Akademi Kesehatan (Akkes) Pemkab Aceh Utara berunjuk rasa di Kantor DPRA, Banda Aceh, Rabu (12/4/2017). [Safdar S]
Rabu, 12 April 2017 10:46 WIB
Penulis: Safdar
BANDA ACEH - Sejumlah mahasiswa Akademi Kesehatan (Akkes) Pemkab Aceh Utara berunjuk rasa di Kantor DPR Aceh, Banda Aceh, Rabu (12/4/2017). Dalam aksinya, mahasiswa minta DPRA segera menyelesaikan permasalahan dan mengaudit secara menyeluruh Akkes tersebut di Buket Rata, Lhokseumawe.
Koordinasi Aksi, Azizi Pratama Siregar dalam orasinya mengatakan pendidikan adalah hak khusus untuk setiap warga negara yang tidak boleh diganggu gugat oleh siapapun dan atas kepentingan apapun juga, hak atas pendidikan telah diatur oleh UUD 1945.
 
"Kampus Akademi Kesehatan Aceh Utara merupakan kampus keperawatan dan kesehatan tertua di Aceh Utara dan kota Lhokseumawe. Dan, satu satunya kampus kesehatan pemerintah dengan SPP termurah di Aceh," ujarnya.
 
Selain itu mahasiswa yang datang langsung dari Aceh Utara ini mengaku kecewa atas kebijakan dan keputusan Pemkab Aceh Utara.
 
"Oleh karena ini kami sangat menyesal dengan keputusan pemerintah yang memilih opsi ketiga (membuat UPTD). Sehingga mulai tahun ini tidak ada lagi penerimaan mahasiswa baru, hanya menamatkan mahasiswa yang telah ada," sesalnya.
 
Menurutanya, keputusan Pemkab Aceh Utara tersebut melawan hati nurani masyarakat setempat serta rakyat Aceh khususnya. Keinginan Pemkab untuk meningkatkan sumber daya manusia (SDM) di Aceh Utara melalui keputusan untuk mengalihkan kampus menjadi UPTD Dinas Kesehatan dinilai tidak tepat dan mengkhianati mahasiswa.
 
Dalam aksi ini mahasiswa juga menuntut agar DPRA dan Pemerintah Aceh segera menyelesaikan permasalahan tersebut sehingga tidak ada pihak yang merasa dirugikan.
 
loading...
Editor:Kamal Usandi
Kategori:Pendidikan
wwwwww