Menikmati Sammosa, Makanan Khas Timur Tengah

Menikmati Sammosa, Makanan Khas Timur Tengah
Mellita memperlihatkan Sammosa, makanan khas Timur Tengah saat Festival Wisata dan Kuliner di Lhokseumawe, Sabtu (8/4/2017). [Sarina]
Sabtu, 08 April 2017 15:15 WIB
Penulis: Sarina

LHOKSEUMAWE – Sammosa yakni jenis camilan berbentuk segitiga yang merupakan masakan khas Timur Tengah. Di Indonesia, makanan ini dijual sekitar Rp10 ribu per potongnya.

“Sammosa ini terdiri dari dua isian yaitu daging sapi dan domba,” kata Mellita, istri Chef Mohamed Inamullah, seorang pembuat Sammosa pada Festival Budaya dan Kuliner di KP3 Lhokseumawe, Sabtu (8/4/2017).

Baca: Lezatnya Kuliner Makanan Khas Medan , Enak Kali Bah!

Lanjutnya, bumbu-bumbu yang digunakan dalam makanan tersebut seperti bubuk jinten, garam, bubuk paprika, bubuk jahe, lada hitam dicampur dengan kacang mete yang dihaluskan, bubuk kari, bubuk cabai, dan 19 bumbu campuran dari Maroko.  

“Sebenarnya sama saja dengan makanan khas Aceh, namun yang membedakannya hanya 19 bumbu campuran tersebut.  Kemudian, masakan kami ini mungkin lebih kental dari masakan Aceh,” jelasnya. 

Mellita mengungkapkan, sudah hampir dua tahun dirinya membuat Sammosa.

Saat ini, Sammosa tersebut sudah dijualnya di dua daerah yakni Jakarta dan Tangerang Selatan.

“Kalau di Jakarta harganya Rp10 ribu per potong, sedangkan di Aceh hari ini, kami menjualnya Rp20 ribu per 3 potong,” ucapnya.

Baca: Pisang Sale Aceh, Makanan Khas Tradisional yang Hilang di Pasaran

Editor:Yudi
Kategori:GoNews Group, Umum
wwwwww