2016, Kinerja Bank Syariah Mengecewakan

2016, Kinerja Bank Syariah Mengecewakan
Ilustrasi
Sabtu, 08 April 2017 10:04 WIB

MEDAN-Kinerja banyak lembaga keuangan di tahun 2016 termasuk Bank Syariah memang mengecewakan. Perlambatan ekonomi ini pada dasarnya memicu perlambatan kinerja perbankan. Demikian dikatakan Pengamat Ekonomi Sumut, Gumawan Benyamin kepada wartawan hari ini.

Jadi ini merupakan fenomena umum yang tampak pada semua industri di tanah air. Bahkan industry di dunia. Artinya memang siklus ekonomi saat ini tengah tidak menguntungkan bagi kebanyakan industri yang ada.

Ditambah lagi jika kita berbicara mengenai perbankan syariah. Sejauh ini persaingan antar Bank di tanah air itu ketat. Bank dengan modal besar akan mampu menguasai pasar karena mampu memberikan kredit atau pembiayaan yang kompetitif dibandingkan dengan Bank kecil. Sementara itu, banyak bank Syariah yang masuk dalam kategori modal di bawah BUKU 4 atau bahkan BUKU 3.

"Sehingga segmentasi pembiayaannya itu tidak mampu sepenuhnya memberikan pembiayaan korporasi ataupun komersial. Jadi segmentasi kredit konsumtif itu yang menjadi lahan paling empuk bagi perbankan dengan modal kecil, termasuk bank Syariah," katanya.

loading...
Editor:Wewen
Kategori:Ekonomi, GoNews Group
wwwwww