Launching PS TNI di GOR H Agus Salim Padang, Sumatera Barat

Laga Persahabatan, PS TNI Bermain Imbang 1-1 dengan tim PS Semen Padang

Laga Persahabatan, PS TNI Bermain Imbang 1-1 dengan tim PS Semen Padang
Launching PS TNI di Gor H Agus Salim, Padang, Sumbar yang dihadiri langsung oleh Panglima TNI Jendral Gatot Nurmantyo, Rabu 5 April 2017.
Rabu, 05 April 2017 20:21 WIB
Penulis: Jontra
PADANG -Kesebelasan Semen Padang menjalani laga persahabatan melawan PS. TNI di Stadion H. Agus Salim, Padang, Rabu 5 April 2017 pukul 16.00 WIB. Namun, uniknya dalam laga uji coba ini, Semen Padang berstatus sebagai tamu di markasnya sendiri.

Pasalnya, PS TNI yang akan berlaga pada Liga 1 2017 bersama tim lainnya memilih Kota Padang sebagai tempat Launching dan pertandingan perdana mereka.

Launching tersebut dihadiri langsung oleh Panglima TNI Jendral Gatot Nurmantyo. Dalam kesempatan launching tersebut Gatot Nurmantyo menyebutkan dirinya menargetkan PS TNI harus menjadi juara dalam keikutsertaannya menjadi peserta Liga 1 Indonesia pada musim tahun 2017 ini.

Jelang pertandingan berlangsung, Pelatih Semen Padang, Nilmaizar yang diwawancarai GoSumbar juga mengaku tak mempermasalahkan status timnya yang menjadi tamu saat menjalani laga persahabatan yang bertepatan dengan launching PS TNI di Kota Padang. Jadi tamu atau tuan rumah, baginya adalah ajang uji coba pemain jelang Liga 1 wajib dimaksimalkan. Hakekatnya ini adalah uji coba. Tamu atau tuan rumah, di lapangan sama-sama bertanding untuk menunjukkan kemampuan masing-masing tim. Momen ini juga bermanfaat sekali bagi Semen Padang untuk mengukur sejauh mana kemajuan dan kemampuan pemain jelang berlangsungnya liga, ujar Nil Maizar.

"Tujuan utama saya adalah untuk melihat penampilan dan performa masing-masing pemain. Selain itu, kondisi fisik pemain dan kerja sama dalam bermain juga akan kita monitor perkembangannya. Ini kesempatan terbaik untuk melakukan evaluasi," ucap mantan pelatih timnas Indonesia itu.

Sementara itu Manajer Semen Padang, Win Benardino juga menyebutkan, laga uji coba melawan PS TNI memang berbeda dari biasanya. Jika lumrahnya yang menjadi tuan rumah itu adalah klub yang bermarkas di stadion tempat pertandingan, kali ini justru tuan rumah jadi tamu, ini hal yang unik, ungkapnya.

Semen Padang pada laga ini justru menjadi klub yang diundang untuk bertanding oleh PS TNI yang melakukan launching tim untuk Liga 1 2017 di Stadion H. Agus Salim. "Pertandingan ini memang berbeda. Tim kami seperti tamu di sini, karena uji coba ini ditangani oleh jajaran TNI yang berkoordinasi dengan Korem 032 Wirabraja Sumbar, jelasnya.

Momen unik ini akan dimanfaatkan sebaik-baiknya untuk mengevaluasi penampilan, stamina pemain, dan kerja sama tim skuat Kabau Sirah, yang sebelumnya telah melakoni uji coba dengan tim lokal lainnya.

Semua urusan yang menyangkut pertandingan diurus langsung oleh pihak PS. TNI. Mulai dari urusan lapangan, susunan acara, penjualan tiket, dan berbagai persiapan lainnya. Walaupun berstatus sebagai tim tamu, Semen Padang juga menyiapkan panitia kecil untuk membantu dan mendukung panitia dari TNI. Tetapi dalam hal teknis pertandingan, semua menjadi kuasa PS TNI sepenuhnya.

Jalannya pertandingan yang berlangsung selama 2× 45 menit dan disaksikan langsung oleh Panglima TNI dan para suporter kedua tim ini berlangsung alot dan sangat menghibur ribuan penonton yang memadati Stadion GOR H Agus Salim sore itu.

Tim Semen Padang berhasil unggul terlebih dahulu. Setelah menjalani kerjasama yang apik. Pemain Semen Padang dengan nomor punggung 7 Rudi berhasil merobek jala PS TNI yang dikawal oleh Dhika Bayangkara pada menit ke 27, untuk sementara tim tamu Semen Padang unggul dengan skor 0 - 1.

Setelah terjadinya gol, tempo permainan kedua tim terlihat sedikit meningkat. Akhirnya, saat injury time jelang berakhirnya babak pertama, pada menit ke 45, pemain dengan nomor punggung 68 dari PS TNI Abu Bakar Iyonga berhasil merobek jala Semen Padang yang dikawal oleh Jandia Eka Putra.

Tim yang diasuh oleh Pelatih berkebangsaan Perancis Laurent Hatton yang baru saja menggantikan pelatih lama Mustaqim mampu menyamakan kedudukan di menit akhir babak pertama yang kemudian merubah skor menjadi 1-1.

Jalannya pertandingan babak kedua juga berlangsung tak kalah serunya. Kedua tim bermain dalam tempo cepat berupaya untuk menambah gol. Namun sayang, peluang -peluang yang tercipta di babak kedua hingga wasit yang memimpin pertandingan meniup peluit akhir, tidak mampu dimaksimalkan menjadi gol oleh kedua tim yang menjalani laga persahabatan ini.

Launching PS TNI juga dimeriahkan oleh penampilan dan hiburan dari 3 orang artis Ibukota seperti Sultan, Isye KDI dan Moel KDI. Ketiga artis itu datang secara khusus karena diundang oleh sahabat mereka yang merupakan anggota TNI yang bertugas di Sumatera Barat dan saat ini tengah menjabat sebagai Dandim 0304 Agam Letkol Kav Salim Kurniawan Dewantara. (**)

wwwwww