Suku Sikumbang Agam Beri Kapolri Gelar Sangsako Adat Sutan Rajo Alam

Suku Sikumbang Agam Beri Kapolri Gelar Sangsako Adat Sutan Rajo Alam
Senin, 03 April 2017 06:00 WIB
Penulis: Agib Noerman
PADANG - Kapolri Jenderal Polisi Tito Karnavian menerima gelar kehormatan Sangsako Adat Sutan Rajo Alam dari Suku Sikumbang Kamang Mudiak Kabupaten Agam, Sumatera Barat. Sedangkan istri Tito, Tri Suswati, diberi gelar Siti Linduang Alam. Pengukuhan gelar Suku Sikumbang Kamang Mudiak Kabupaten Agam dilangsungkan di halaman Mapolda Sumbar, Minggu (2/4/2017) malam.
Ketua Lembaga Kerapatan Adat Alam Minangkabau (LKAAM) Sumbar Sayuti Datuak Rajo Panghulu dalam pidatonya mengatakan, gelar sangsako ini diberikan kaum suku Sikumbang Kamang Mudiak Kabupaten Agam. Gelar sangsako merupakan gelar kehormatan yang diberikan kepada seseorang yang berjasa untuk Minangkabau, agama, bangsa dan negara.

''LKAAM hanya mengukuhkan setelah melalui kajian dari suku Sikumbang dan LKAAM kecamatang hingga kabupaten''.

M Sayuti menambahkan, gelar Sangsako Adat Sutan Rajo Alam yang dikukuhkan kepada Kapolri nantinya tidak bisa diwariskan kepada anak maupun orang lain. Apabila nanti, lanjut Sayuti, Tito Karnavian tidak lagi berkenan memakai gelar tersebut maka akan dikembalikan ke suku Sikumbang.

Menurut Kapolri, gelar ini merupakan penghargaan yang besar dari suku Sikumbang kepada diri. "Dengan gelar ini berarti saya diamanahkan menjaga persatuan dan kesatuan negara, tidak hanya suku Minangkabau," tegas Kapolri. (agb)

loading...
wwwwww