Home  /  Berita  /  GoNews Group

Naikan Status Polda Sumbar Menjadi Tipe A, Ini Dasar Jendral Tito..

Naikan Status Polda Sumbar Menjadi Tipe A, Ini Dasar Jendral Tito..
Kapolri Jendral Tito Karnavian bersama Menteri PAN RB saat peresmian kenaikan status Polda Sumbar dari Tipe B ke Tipe A di halaman Mapolda Sumbar. Hadir juga Gubernur Sumbar Irwan Prayitno, Ketua DPRD Sumbar Hendra Irwan Rahim dan Kepala Divisi Humas Mabe
Senin, 03 April 2017 12:20 WIB
Penulis: Agib Noerman

PADANG – Kapolri Jendral Tito Karnavian meresmikan perubahan status Polda Sumbar dari Tipe B menjadi Tipe A, Senin (3/4/2017) di halaman Mapolda Sumbar. Peresmian ini nantinya akan disusul dengan kenaikan pangkat Kapolda Sumbar Brigjen Fakhrizal menjadi Irjen serta pejabat lainnya.

Menandai pengukuhan Tipe A Polda Sumbar, Kapolri menyerahkan bendera kesatuan atau Pataka Tuah Sakti Hamba Negeri kepada Kapolda Sumbar Brigjen Pol Fakhrizal.

Pertimbangan Kapolri menjadikan Polda Sumbar menjadi Tipe A karena Polda Sumbar merupakan Polda lama sewaktu masih bernama Sumatera Tengah. “Dua anak Polda Sumbar yakni Polda Riau dan Kepri sudah Tipe A, kok induknya belum. Maka atas dasar itu Mabes Polri mendalami dan menyetujuinya,” kata Kapolri.

Meski sudah dinaikan statusnya menjadi Tipe A, namun Kapolri mengingatkan agar personel di Mapolda Sumbar tidak sumringah. Kapolri menekankan agar personel Polda Sumbar lebih profesional dan meningkatkan pelayanan masyarakat.

“Sesuai dengan cita-cita reformasi birokrasi ditubuh Polri, setiap anggota Polri wajib menunjukkan profesionalnya di tengah masyarakat,” sebut Kapolri.

Sementara itu Menteri Pendayagunaan Aparatur Negara dan Reformasi Birokrasi, Asman Abrur mengatakan naiknya status Polda Sumbar menjadi Tipe A sejalan dengan reformasi birokrasi Polri.

“Jadi jangan hanya judul reformasi birokrasi tapi lebih keharusan dan disertai dengan isi. Tahun ini kami sangat memberikan apresiasi kepada Polri karena terus mengembangkan inovasi dalam berbagai pelayanan keamanan dan ketertiban,” kata Asman.

Asman menekankan Polri harus menjadi pelopor zona integritas. Artinya, institusi Polri harus menjadi agen zona bebas korupsi. (agb)

wwwwwwhttps://green.radenintan.ac.id/max/https://bkpsdm.tanahlautkab.go.id/galaxy/https://143.198.234.52/sonic77