3 Ruas Tol Sumatera Sudah Bisa Dilalui Lebaran Mendatang

3 Ruas Tol Sumatera Sudah Bisa Dilalui Lebaran Mendatang
Presiden Joko Widodo (tengah) melakukan kunjungan ke lokasi pembangunan Tol Trans Sumatera, Lampung (11/2/2016) lalu. (tempo.co)
Minggu, 02 April 2017 19:10 WIB
JAKARTA - Menteri Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat (PUPR) Basuki Hadimuljono mengatakan, pembangunan tol yang menghubungkan Sumatera mulai dari Banda Aceh sampai Lampung itu sudah mencapai 62 persen.

Menurut Basuki, tiga ruas tol di Sumatera sudah bisa dilalui kendaraan pada Lebaran mendatang. Ketiganya adalah ruas tol Bakauheni-Terbanggi Besar, Palembang-Indralaya dan Medan-Binjai.

''Sementara untuk ruas Pekanbaru-Dumai sudah mulai dilakukan pekerjaan fisiknya,'' ucapnya dalam keterangan tertulis, Minggu, 2 April 2017, seperti dikutip dari tempo.co.

Menurut Basuki, tiga ruas jalan tol itu akan beroperasi paling cepat saat Lebaran. Ruas tol Bakauheni-Terbanggi Besar yang beroperasi adalah Lematang-Kotabaru sepanjang 5,02 kilometer. Adapun ruas tol Palembang-Indralaya adalah Palembang-Pamulutan sepanjang 7,75 kilometer.

Sementara itu, untuk ruas tol Medan-Binjai, terdapat dua ruas yang sudah dapat dioperasikan pada Lebaran nanti. Kedua ruas itu, kata Basuki, adalah Helvetia-Semayang dengan panjang 6,18 kilometer dan Semayang-Binjai dengan panjang 4,28 kilometer.

Ruas lainnya yang ditargetkan rampung tahun ini adalah ruas tol Bakauheni-Terbanggi seksi Pelabuhan Bakauheni-Bakauheni (8,9 kilometer), Palembang-Indralaya seksi KTM-Simpang Indralaya (9,28 kilometer), dan seluruh ruas Medan-Kualanamu-Tebing Tinggi (61,7 kilometer).

Sebelumnya, PT Hutama Karya ditugaskan menggarap pekerjaan empat ruas tol di Tol Trans Sumatera, yaitu ruas tol Bakauheni-Terbanggi Besar (140,7 kilometer), Medan-Binjai (16,72 kilometer), Palembang-Indralaya (21,93 kilometer), dan Pekanbaru-Dumai (131,48 kilometer).

Kemudian, pemerintah menambah empat ruas tol, yakni ruas tol Terbanggi Besar-Pematang Panggang (100 kilometer), Pematang Panggang-Kayu Agung (85 kilometer), Palembang-Tanjung Api-Api (70 kilometer), dan Kisaran-Tebing Tinggi (60 kilometer).

Dengan tambahan tersebut, jumlah ruas tol yang ditugaskan oleh pemerintah untuk dikerjakan oleh Hutama Karya mencapai 625,83 kilometer. Menurut Basuki, seluruh ruas tol Trans Sumatera tersebut ditargetkan akan beroperasi secara penuh pada 2019 mendatang.***

Editor:hasan b
Sumber:tempo.co
Kategori:GoNews Group
wwwwww