Home > Berita > Umum

YPI RJ Salurkan Bantuan dan Dakwah bagi Korban Bencana

YPI RJ Salurkan Bantuan dan Dakwah bagi Korban Bencana
Buya Syamsuardi memberikan tausiyah usai menyerahkan bantuan dari YPI RJ di Sialang
Jum'at, 31 Maret 2017 15:53 WIB
Penulis: Syahrial Asbar

LIMAPULUH KOTA - Yayasan Pendidikan Islam Raudhatul Jannah (YPI-RJ), kemarin,  menyelenggarakan program aksi bantuan dan dakwah terhadap korban bencana alaam berupa banjir dan longsor khusus untuk daerah Nagari Sialang, Kecamatan Kapur IX, Kabupaten Limapuluh Kota. Usai penyerahan bantuan, diselingi dengan tablig akbar.

Rombongan yang bergerak dari kawasan Raudhatul Jannah, Kotobaru Balai Janggo, Payakumbuh Utara, sore itu itu berjumlah 17 orang dengan memakai 3 kendaraan beroda empat.

Keterangan Ketua YPI-RJ, Ultra, program tersebut merupakan bentuk kepedulian keluarga besar YPI-RJ yang dilakukan secara insidental dengan mengumpulkan bantuan dari orang tua wali murid play grup, PAUD, SD, SMP, SMA, guru dan pegawai serta siswa. Bantuan terkumpul dalam bentuk uang Rp 13.570.000, selainnya ada makanan, bahan makanan, dan alat tulis untuk pelajar. Pakaian serta Al Quran dibagikan kepada masjid.

Ultra menyampaikan bahwa YPI-Raudhatul Jannah didirikan dalam rangka sebuah kepedulian terhadap kebutuhan akan pendidikan Islam dan terpercaya bagi masyarakat dalam mempersiapkan generasi muda yang tangguh sehingga mampu bersaing di masa datang. “Alhamdulillah hasil perjuangan almarhum Thamrin Manan dengan masyarakat dalam membina langsung dari waktu ke waktu sampai akhir hayatnya telah dirasakan oleh masyarakat Payakumbuh dan Limapuluh Kota,” kata Ultra.

Menurutnya, salah satu nilai kepedulian yang senantiasa menjadi spirit bagi YP-RJ adalah menggalang bantuan dan menyalurkan sekaligus memberikan program dakwah kepada yang berhak menerimanya.  “Kebutuhan masyarakat tidak hanya bantuan materil saja, tetapi juga harus dalam bentuk pencerahan secara spiritual. Dakwah inilah kewajiban sesama muslim,” tambahnya.

Acara yang dihadiri unsur pejabat nagari, jorong, Bamus, pemuda dan bundo kandung juga diwarnai tablig akbar dengan pemandu Buya Syamsuardi, sekaligus Kepala SDI RJ. Ia memaparkan bahwa sesama muslim itu adalah satu tubuh. Apabila sakit bagian kecil tubuh dirasakan oleh seluruh tubuh. Rasulullah sendiri termasuk yang paling tinggi kepeduliannya terhadap umat manusia.

“Ia sedih kalau umatnya tidak peduli sesama dan tidak  mempersiapkan diri menghadap Allah SWT. Ia akan menguji keimanan seseorang dalam bentuk musibah, bisa dalam bentuk kelaparan, banjir, longsor, wabah dan lainnya agar umat kembali ke jalan Allah SWT. Untuk itu mari kita jadikan musibah sebagai ujian,” kata Syamsuardi.

Yon Niata Wali Jorong Sialang Bawah yang didampingi Barata ketika menerima bantuan menyampaikan kegembiraannya atas kedatangan perwakilan keluarga besar YPI-RJ yang telah memberikan bantuan dan pencerahan spritual. Mereka berharap silaturahmi yang telah terbangun hendaknya terus ditingkatkan dan dilanjutkan. ***

wwwwww