Jelang Aksi 313, Jemaah Alumni 212 Mulai Berdatangan di Masjid Istiqlal

Jelang Aksi 313, Jemaah Alumni 212 Mulai Berdatangan di Masjid Istiqlal
Jamaah pada aksi 212 saat bertolak dari Istiqlal ke Monas. (dok. GoNews.co)
Kamis, 30 Maret 2017 19:23 WIB
Penulis: Muslikhin Effendy
JAKARTA - Masjid Istiqlal masih lengang menjelang aksi massa yang akan digelar Jumat, 31 Maret 2017, atau aksi 313. Koordinator Muslim Care Community (MCC), Abie Sabiella, mengatakan peserta aksi 313 sebagian besar dari masyarakat yang ikut dalam rangkaian aksi sebelumnya, yaitu pada 4 November dan 2 Desember 2016.

"Kebanyakan dari alumni dari aksi sebelumnya, seperti aksi 411 dan 212. Sepertinya, massanya tidak sebesar yang kemarin-kemarin," ujar Abie saat dijumpai di pos komando MCC di depan Masjid Istiqlal, Kamis, (30/3/2017).

Meski sudah tampak jemaah yang berdatangan, sampai saat ini belum terlihat peningkatan jumlah jemaah masjid yang signifikan. Abie memperkirakan peserta aksi baru akan muncul malam nanti dan besok pagi hingga menjelang aksi digelar. Pasalnya, pada aksi kali ini baru akan digelar pada pukul 12.30 WIB.

"Karena baru mulai sehabis salat Jumat, kemungkinan mereka baru datang nanti pagi. Soalnya, mereka punya waktu lebih banyak untuk siap-siap," ujar Abie.

MCC biasanya menerima bantuan berupa logistik untuk peserta aksi. Meski begitu, sampai sore ini bantuan logistik belum hadir. Menurut Abie, sejumlah orang hanya mengirimkan uang untuk keperluan aksi yang akan mengelilingi Monumen Nasional menuju Istana.

Abie menuturkan tujuan aksi kali ini masih sama dengan yang sebelumnya. Menurut Abie, peserta besok masih menuntut agar Gubernur DKI Jakarta nonaktif Basuki Tjahaja Purnama alias Ahok agar dicopot dari jabatannya. Mereka juga meminta Ahok agar ditangkap.

"Isunya masih sama, menuntut keadilan untuk penista agama. Pengadilan selama ini berjalan tidak memuaskan, umat Islam merasa dirugikan," katanya. ***

Sumber:Tempo.co
Kategori:GoNews Group, Peristiwa, Pemerintahan
wwwwww