Rakor Penyelenggaraan Sail Sabang 2017 "Sabang sebagai Pelabuhan Hub Wisata Bahari Internasional"

Rakor Penyelenggaraan Sail Sabang 2017 Sabang sebagai Pelabuhan Hub Wisata Bahari Internasional
Dok. Kemenpar.
Rabu, 29 Maret 2017 12:17 WIB
Penulis: Muslikhin Effendy
JAKARTA - Menteri Koordinator Bidang Kemaritiman Luhut Binsar Panjaitan memimpin rapat koordinasi (Rakor) penyelenggaraan Sail Sabang 2017 yang akan berlangsung Sabang (Pulau Weh) Nanggroe Aceh Darussalam (NAD) pada 28 November hingga 5 Desember 2017 mendatang.

Rakor yang dihadiri sejumlah menteri Kabinet Kerja antara lain Menteri Koordinator Bidang Kemaritiman Luhut Binsar Panjaitan dan Gubernur NAD Zaini Abdullah itu berlangsung di Hotel Sari Pan Pacific Jakarta, Rabu (29/3).

Penyelenggaraan Sail Sabang 2017, merupakan event tahun Sail Indonesia yang dimulai Sail Bunaken 2009 dan terakhir Sail Selat Karimata 2016, dimaksudkan untuk meningkatkan wisata bahari dan menjadikan Sabang sebagai destinasi wisata bahari kelas dunia serta untuk mewujudkan peningkatan kesejahteraan masyarakat, khususnya masyarakat Sabang sebagai kepulauan terdepan Indonesia.

Sail Sabang 2017 yang mengangkat tema; “Sabang sebagai Pelabuhan Hub Wisata Bahari Internasional” akan berlangsung di empat lokokasi yakni; Teluk Sabang, Sabang Fair, Gapang Resort, dan 4 Km. 0 (nol). Sebagai puncak acara akan berlangsung di Pasiran, Teluk Sabang dan akan dihadiri Presiden Joko Widodo.

Menko Bidang Kemaritiman Luhut Binsar Panjaitan menjelaskan, Rakor hari ini merupakan kelanjutan dari rapat persiapan pada 3 November 2016 yang lalu dilanjutkan beberapa kali Rakor pada Januari dan Maret tahun ini, "Rakor hari ini membahas sejumlah agenda persiapan 3A (atraksi, amenitas, dan aksesibiltas), persiapan SDM, serta strategi promosi untuk mensukseskan event Sail Sabang 2017," kata Menko Luhut Binsar Panjaitan.

Menko Kemaritiman Luhut Binsar Panjaitan mengatakan, sebagaimana pesan Presiden Joko Widodo kepada jajaran menteri dan gubernur serta bupati pada puncak peringatan Sail Tomini 2015 agar Sail Indonesia berikutnya dipersiapkan lebih awal, paling tidak dua tahun sebelumnya sehingga hasilnya lebih sempurna. Untuk ini harus memiliki manajemen marketing yang efektif dan intensif paling tidak setahun sebelumnya sudah dipasarkan supaya seluruh nusantara dan dunia tahu.

Menpar Arief Yahya yang diwakili oleh Deputi Bidang Pengembangan Destinasi dan Industri Pariwisata Dadang Rizki Ratman, promosi Sail Sabang 2017 dilakukan melalui media online dan offline di antaranya promosi melalui media dalam dan luar ruang di tempat-tempat strategis di mancanegara antara lain di Changi Airport Singapura dan Kuala Lumpur International Airpor (KLIA) serta melalui tayangkan di CNN, BBC, dan FOX.

"Promosi juga dilakukan lewat komunitas yachter internasional dari Langkawi, Phuket, Singapura, Australia, Eropa.Para yachter ini sebagai gabungan peserta yacht rally antara rute Sail Indonesia dan Sail 2 Indonesia, maupun Sail Banyuwangi sebagai pra-event Sail Sabang 2017," kata Dadang, seraya memperkirakan sekitar 100 yacht akan tiba di Sabang saat pelaksanaan event pada 28 November – 05 Desember 2017.

Mereka sebelumnya melewati dan singgah di Kupang, Badas, NTB, Banyuwangi, Karimunjawa, Belitung, Bintan dan persinggahan lainnya.

Flag off yachts dari Darwin, akan berlangsung pada 9 Juli 2017 disusul dengan konvoi kapal-kapal yacht yang diberangkatkan bersama-sama dari Langkawi (Malaysia) dan Phuket (Thailand) diperkirakan seluruh yachts sudah masuk ke Sabang pada hari Jumat, 1 Desember 2017. "Kita memberi kemudahan para yachter dengan fasilitas pelayanan CIQP satu atap," kata Dadang.

Menko Maritim menjelaskan lebih jauh, Sabang merupakan salah satu destinasi unggulan untuk wisata bahari dan menjadi favorit para yachter dunia karena memiliki taman laut yang indah juga faktor lokasinya strategis dekat dengan Langkawi, Phuket, dan Singapura seagai tempat berkumpulnya para komunitas yachter, "Sabang sudah dikenal oleh para yachter mancanegara karena beberapa kali sebagai penyelenggara rally and race yacht internasional (Sabang Regatta) dan mendapat sambutan antusias komunitas yachter mancanegara," kata Luhut.

Hingga Juli 2016 kapal yacht yang masuk ke Sabang sebanyak 37 kapal, sedangkan kapal pesiar (cruise) sebanyak 10 kapal (per November 2016) dengan total wisman sebanyak 9.763 wisman. Wisman yang berkunjung ke Sabang sebagian besar melakukan aktivitas diving.

Deputi Bidang Pengembangan Destinasi dan Industri Pariwisata Dadang Rizki Ratman menjelaskan, sebagai dukungan fasilitas akomodasi untuk kunjungan sekitar 5.000 tamu undangan pada event ini selain hotel yang sudah ada di Sabang, juga dipersiapkan penginapan apung kapal Pelni dan kapal yacht serta homestay sebanyak 19 buah dengan kapasitas 96 kamar. Sementara itu untuk sarana transportasi udara dipersiapkan penerbangan ke bandara Sabang, dan transportasi laut antara lain dengan menambah kapal penyeberangan berupa tiga kapal cepat sebanyak 3 trip/hari dengan jumlah 2.400 penumpang serta kapal ferry lambat untuk mengangkut logistik.

Acara Puncak Sail Sabang 2017Pelaksanaan Sail Sabang 2017 akan berlangsung di empat lokasi yakni; Teluk Sabang, Sabang Fair, Gapang Resort, dan 4Km. 0 (nol), sementara itu untuk acara puncak yang akan dihadiri Presiden Joko Widodo akan berlangsung di Pasiran, Teluk Sabang, sebagai lokasi rencana pelabuhan CT-2 (cargo).

Pada acara puncak (opening ceremony) Sail Sabang 2017 akan ditampilkan tarian kolosal Laksamana Malahayati ; toll ship parade (melayarkan KRI Bima Suci dari Spanyol dan mengundang Tall Ship negara-negara yang dilewati India, Malaysia, Thailand, dan Singapura); diikuti Kapal Pemuda Nusantara, kapal riset Baruna Jaya IV dan Baruna Jaya VIII, konvoi 100 kapal yacht peserta Sail Sabang 2017 dari Langkawi, Phuket, Singapura, Australia, Eropa, dan parade kapal nelayan tradisional.

Selain itu digelar sejumlah kegiatan sebagai supporting event antara lain; Jambore Iptek, International Freediving Competition, Sabang Underwater Contest, Sabang Carnival, Kapal Pemuda Nusantara, Aceh Cullinary and Coffee Festival, Sabang Wonderful Expo and Marine Expo, Sales Mission Cruise Operatror and Yacht, Seminar Wisata Bahari. Kegiatan lain yang kalah menarik adalah Pentas Pesona Indonesia, lomba mancing, lomba video dan foto melalui drone, Welcome Dinner, City Tour Banda Aceh, dan bakti sosial serta bersih pantai. ***

wwwwww