Ongkos Haji 2017 Naik Dibanding Tahun Lalu

Ongkos Haji 2017 Naik Dibanding Tahun Lalu
(int)
Jum'at, 24 Maret 2017 17:51 WIB
JAKARTA - Pemerintah menetapkan ongkos ibadah haji reguler tahun ini Rp34.890.312. Bila dibandingkan dengan tahun lalu, terjadi kenaikan Rp249.008.

''Kenaikan biaya memperhatikan avtur meski tidak lebih dari US$11 sen (setara Rp1430) dan telah mempertimbangkan faktor inflasi di Arab Saudi,'' kata Ketua Komisi VIII DPR, Ali Taher, di Jakarta, Jumat, 24 Maret 2017.

Sementara, Menteri Agama, Lukman Hakim Saifuddin, mengapresiasi persetujuan yang dis sebut lebih cepat ketimbang penetapan Biaya Penyelengaraan Ibadah Haji (BPIH) tahun-tahun sebelumnya.

''Saya rasa ini lebih baik dari tahun kemarin karena penetapan lebih cepat dibandingkan tahun kemarin. Jika tahun kemarin bulan April, tapi di tahun ini lebih cepat,'' kata Lukman.

Dia menyebut kenaikan biaya haji sebagai 'penambahan kualitas ibadah haji'. Sebab, kenaikan biaya haji sebanding dengan kulitas pelayanan yang akan disediakan di Tanah Suci.

''Saya rasa Biaya Haji 2017 ini sebanding dengan peningkatan pelayanan. Tahun ini juga ada paket sarapan pagi di Madinah, ini sesuatu yang baru yang tahun lalu belum direalisasikan. Juga memperbaiki tenda di Arafah,'' kata dia.

Usai kesepatakan ini, tahap selanjutnya adalah pengesahan melalui Keputusan Presiden (Keppres). Tetapi, Lukman mengatakan Keppres tersebut kemungkinan baru akan ditandatangani pekan depan.

''Ya itu nanti, Presiden sekarang masih ada di Tapanuli Tengah, kemudian besok rencananya ke Tapanuli Selatan,'' kata Lukman. Rencananya, Lukman akan bertemu dengan Jokowi pada Senin pekan depan.

Keppres BPIH 2017 ditunggu para calon jemaah haji. Usai disahkan, para calon jemaah haji dapat segera menyelesaikan pelunasan BPIH.

''Pelunasannya segera setelah Keppres terbit. Sejak saat itulah seluruh BPS dan bank penerima setoran yang jumlahnya ada 17 itu sudah bisa melayani calon jemaah haji untuk melakukan pelunasan haji tahun ini,'' ucap Lukman.***
loading...
Editor:hasan b
Sumber:dream.co.id
Kategori:GoNews Group, Umum
wwwwww