Home  /  Berita  /  Pemerintahan

Prajurit TNI dari Kodim 0304 Agam Ini Ikuti Pelatihan Tanam Bawang Merah

Prajurit TNI dari Kodim 0304 Agam Ini Ikuti Pelatihan Tanam Bawang Merah
Prajurit TNI di Lingkungan Kodim 0304 Agam sedang mendengarkan arahan dari Kasdim 0304 Agam, Mayor Inf Indra Jaya, saat pembukaan pelatihan tanam bawang merah, Kamis 24 Maret 2017.
Kamis, 23 Maret 2017 23:58 WIB
Penulis: Jontra
BUKITTINGGI - Prajurit TNI dari Kodim 0304 Agam mendapatkan pelatihan penanaman bawang merah dengan memanfaatkan lahan kosong yang berada di belakang Koperasi Kodim 0304 Agam (green area) untuk bercocok tanam, Kamis 24 Maret 2017.

Para Babinsa dan anggota TNI yang berasal dari 13 Koramil di lingkungan Kodim 0304 Agam digembleng memanfaatkan lahan seluas lebih kurang 1/2 ha lebih untuk menanam bawang merah.

Awalnya lahan tersebut hanya ditanam jagung saja, namun Dandim 0304 Agam Letkol Kav Salim Kurniawan Dewantara S.H, S.E setelah melakukan koordinasi dan berkonsultasi dengan dinas terkait Pertanian dan Tanaman Pangan di daerah Agam dan Bukittinggi menyarankan agar lahan tersebut juga ditanami bawang merah, karena maanfaat bawang merah yang membuatnya fenomenal di dunia medis adalah kemampuannya dalam memerangi kanker dan berbagai penyakit berbahaya. Selain itu, bawang merah juga dapat dijadikan sumber antioksidan yang sangat ampuh untuk memerangi radikal bebas di dalam tubuh.

Bawang merah pada umumnya digunakan sebagai bumbu masakan. Bawang merah kerap kali menjadi bumbu wajib pada masakan, karena bawang merah menjadi semacam penguat rasa bagi masakan. Selain itu, bawang merah adalah makanan padat nutrisi yang berarti yang rendah kalori dan tinggi nutrisi bermanfaat seperti vitamin, mineral dan antioksidan.

Sedang untuk kondisi tanah yang paling cocok bagi tanaman bawang merah, adalah tanah yang subur, gembur, serta mengandung banyak humus atau bahan organic. Disamping itu, tanah yang menjadi media untuk tumbuh juga harus memiliki sirkulasi udara yang baik, dapat mengalirkan air dengan mudah dan tidak becek.

Pernyataan Dandim 0304 Agam Letkol Kav Salim Kurniawan Dewantara yang disampaikan Kasdim Mayor Inf Indra Jaya yang didampingi Pasi Ops Kapten Afrizal saat peresmian pelatihan penanaman bawang merah pada puluhan prajurit TNI yang juga terlihat mengikuti pelatihan tersebut dengan antusias.

"Kita dari Kodim 0304 Agam juga meminta dinas Pertanian Bukittinggi dan Agam untuk membantu, membimbing dan memberikan pengarahan, agar nanti hasilnya betul-betul dapat maksimal dan memuaskan. Selain untuk keterampilan anggota TNI yang berbaur langsung dengan rakyat, kemampuan untuk pelatihan ini juga harus mampu diaplikasikan oleh para Babinsa di lingkungan Makodim 0304 Agam di tengah - tengah masyarakat. Karena para Babinsa di masing-masing Koramil lah yang berhubungan langsung dengan masyarakat,"terangnya.(**)

GoSumbar.com Alasan Kesehatan, Gubernur Sumbar Batal Divaksin Hari Ini
GoSumbar.com Usai Keliling Naik Ontel, UAS Berikan Tausiyah di Masjid Tawakkal Magek Agam
GoSumbar.com Waspadai Klaster Penjara, LP Kelas II A Bukittinggi Terapkan Prokes Bagi Warga Binaan
GoSumbar.com Hasil Real Count, Pilkada Bukittinggi 2020 Dimenangkan Pasangan Erman Safar - Marfendi
GoSumbar.com Gugatan Ditolak di PTUN Padang, Kuasa Hukum Ninik Mamak 40 Nagari Agam Tuo Ajukan Banding
GoSumbar.com Himbau Patuhi Prokes, Indra Catri Bagikan Masker untuk Pedagang dan Pembeli di Pasar Lasi Agam
GoSumbar.com Jasad Lelaki Tanpa Identitas Ditemukan Membusuk di Areal Terminal Tipe C Pasar Banto Bukittinggi
GoSumbar.com Covid - 19 Belum Mereda, Debat Paslon Pilkada Bukittinggi 2020 Tetap Utamakan Prokes
GoSumbar.com APK Dicopot, Ratusan Pendukung Cawako Erman Safar - Marfendi Datangi Bawaslu Bukittinggi
GoSumbar.com Total 4 Orang, Polisi Kembali Tetapkan Dua Tersangka Lagi dalam Kasus Pengeroyokan Anggota TNI di Bukittinggi
GoSumbar.com Pengelola Tempat Wisata di Sumbar Diimbau Waspadai Klaster Liburan
GoSumbar.com Kemenkes RI dan Komisi IX DPR - RI juga Imbau Warga Bukittinggi Terapkan Perda AKB
GoSumbar.com Kapolres Bukittinggi: Libur Bersama, Waspadai Klaster Baru Penyebaran Covid - 19
GoSumbar.com Selama 4 Bulan Berdagang di Masa Pandemi Covid - 19, Penyewa Toko Pasa Ateh Bukittinggi Masih Minim Pembeli
GoSumbar.com Hari Ini, 524 Orang Pasien Covid - 19 di Sumbar Dinyatakan Sembuh
GoSumbar.com Kawal Perda Provinsi Sumbar No 6 Tahun 2020, Tim Panangkok Siap Tertibkan Pelanggar Protokeler Covid - 19
GoSumbar.com Minus Satu Paslon, KPU Bukittinggi Gelar Deklarasi Kampanye Damai
GoSumbar.com Komisi Informasi Sumbar Lakukan Penilaian Informasi Publik di Bukittinggi
wwwwww