Loading...    
           

Prajurit TNI dari Kodim 0304 Agam Ini Ikuti Pelatihan Tanam Bawang Merah

Prajurit TNI dari Kodim 0304 Agam Ini Ikuti Pelatihan Tanam Bawang Merah
Prajurit TNI di Lingkungan Kodim 0304 Agam sedang mendengarkan arahan dari Kasdim 0304 Agam, Mayor Inf Indra Jaya, saat pembukaan pelatihan tanam bawang merah, Kamis 24 Maret 2017.
Kamis, 23 Maret 2017 23:58 WIB
Penulis: Jontra
BUKITTINGGI - Prajurit TNI dari Kodim 0304 Agam mendapatkan pelatihan penanaman bawang merah dengan memanfaatkan lahan kosong yang berada di belakang Koperasi Kodim 0304 Agam (green area) untuk bercocok tanam, Kamis 24 Maret 2017.

Para Babinsa dan anggota TNI yang berasal dari 13 Koramil di lingkungan Kodim 0304 Agam digembleng memanfaatkan lahan seluas lebih kurang 1/2 ha lebih untuk menanam bawang merah.

Awalnya lahan tersebut hanya ditanam jagung saja, namun Dandim 0304 Agam Letkol Kav Salim Kurniawan Dewantara S.H, S.E setelah melakukan koordinasi dan berkonsultasi dengan dinas terkait Pertanian dan Tanaman Pangan di daerah Agam dan Bukittinggi menyarankan agar lahan tersebut juga ditanami bawang merah, karena maanfaat bawang merah yang membuatnya fenomenal di dunia medis adalah kemampuannya dalam memerangi kanker dan berbagai penyakit berbahaya. Selain itu, bawang merah juga dapat dijadikan sumber antioksidan yang sangat ampuh untuk memerangi radikal bebas di dalam tubuh.

Bawang merah pada umumnya digunakan sebagai bumbu masakan. Bawang merah kerap kali menjadi bumbu wajib pada masakan, karena bawang merah menjadi semacam penguat rasa bagi masakan. Selain itu, bawang merah adalah makanan padat nutrisi yang berarti yang rendah kalori dan tinggi nutrisi bermanfaat seperti vitamin, mineral dan antioksidan.

Sedang untuk kondisi tanah yang paling cocok bagi tanaman bawang merah, adalah tanah yang subur, gembur, serta mengandung banyak humus atau bahan organic. Disamping itu, tanah yang menjadi media untuk tumbuh juga harus memiliki sirkulasi udara yang baik, dapat mengalirkan air dengan mudah dan tidak becek.

Pernyataan Dandim 0304 Agam Letkol Kav Salim Kurniawan Dewantara yang disampaikan Kasdim Mayor Inf Indra Jaya yang didampingi Pasi Ops Kapten Afrizal saat peresmian pelatihan penanaman bawang merah pada puluhan prajurit TNI yang juga terlihat mengikuti pelatihan tersebut dengan antusias.

"Kita dari Kodim 0304 Agam juga meminta dinas Pertanian Bukittinggi dan Agam untuk membantu, membimbing dan memberikan pengarahan, agar nanti hasilnya betul-betul dapat maksimal dan memuaskan. Selain untuk keterampilan anggota TNI yang berbaur langsung dengan rakyat, kemampuan untuk pelatihan ini juga harus mampu diaplikasikan oleh para Babinsa di lingkungan Makodim 0304 Agam di tengah - tengah masyarakat. Karena para Babinsa di masing-masing Koramil lah yang berhubungan langsung dengan masyarakat,"terangnya.(**)


Loading...
GoSumbar.com SPBU Gaduik Agam Membara Dilalap Kobaran Api
GoSumbar.com Bejat! Dibawah Ancaman Kapak, Gadis Belia di Bukittinggi ini Dicabuli Rekannya
GoSumbar.com Tengah Beraksi di Bukit Ambacang, Pelaku Curanmor Ini Digerebek Tim Jatanras Polres Bukittinggi
GoSumbar.com Usai Penandatanganan NPHD dengan Pemko, Ini yang akan Dilakukan KPU Bukittinggi
GoSumbar.com Tim Jantanras Polres Bukittinggi Bekuk Dua Pelaku Curat 16 TKP di Padang Luar Agam
GoSumbar.com Peduli Korban Tragedi Wamena, Yayasan BMB Kumpulkan Donasi
GoSumbar.com Pencuri Kotak Amal di 8 Masjid Ini Diringkus Polisi, Hasil Curian Dibelikan Shabu
GoSumbar.com Hari Ini, Herman Sofyan dan Nur Hasra Dilantik Sebagai Pimpinan Definitif DPRD Bukittinggi
GoSumbar.com Sahabat Sang Inspirator Bayuaji Yudha Prajas Gelar Acara Perpisahan di Bukittinggi
GoSumbar.com Bawa Shabu, Pengendara Sepeda Motor Ini Diciduk Polisi di Jalan Raya Tanjung Alam Agam
GoSumbar.com Lima Orang Ditetapkan Sebagai Tersangka, Pasca Penemuan Mayat Dalam Selokan Pengerjaan Proyek di Bukittinggi
GoSumbar.com Tanpa Perlawanan, Dua Pelaku Curanmor Ini Dibekuk Tim Jatanras Polres Bukittinggi
GoSumbar.com Nahas, Seorang Penggali Tanah Tewas Tertimbun Galian Pasir di Simarasok Agam
GoSumbar.com KPU - RI Gelar Konsolidasi Regional Peningkatan Partisipasi Masyarakat Pemilu 2019 dan Pemilihan 2020 di Bukittinggi
GoSumbar.com Ustadz Abdul Somad Kukuhkan Yayasan Bukittinggi Madani Berbagi di Perpustakaan Bung Hatta Bukittinggi
GoSumbar.com Pemko Bukittinggi Dinilai Ingkar Janji, Pemilik Tanah Hentikan Proyek Renovasi Kantor KAN MKS Bukittinggi
GoSumbar.com 5 Orang Tertimpa Tower Sound System, 1 Orang Meninggal di Bancah Laweh Padang Panjang
GoSumbar.com Diduga Edarkan Ganja, Dua Pemuda Ini Diringkus Polisi di Batu Taba Agam
wwwwww