Selain Mematikan Koneksi Seluler dan Data, Ini Fungsi Mode Pesawat pada Gawai Berbasis Android

Selain Mematikan Koneksi Seluler dan Data, Ini Fungsi Mode Pesawat pada Gawai Berbasis Android
Rabu, 22 Maret 2017 11:10 WIB
JAKARTA - Fasilitas mode pesawat terbang ada pada hampir seluruh gawai berbasis android dan iOS. Apa saja fungsinya?

Dilansir dari Digital Trends, pada dasarnya, mode pesawat adalah sebuah fasilitas praktis untuk mematikan koneksi seluler dan data pada sebuah smartphone.

Meski nama dan fungsinya identik dengan kondisi saat kita menaiki pesawat terbang, namun, saat tidak berada di pesawat, sebenarnya mode ini juga sekaligus dapat berfungsi untuk menghemat konsumsi baterai dan membatasi penggunaan paket data.

Tak hanya itu, mode pesawat juga dapat berguna untuk memperbaiki permasalahan koneksi jaringan yang kadang terjadi.

Contohnya, saat jaringan data pada gawai tidak berjalan semestinya, maka dengan mengaktifkan mode pesawat sejenak kemudian me-non-aktifkanya kembali, terkadang, cara tersebut dapat menyambungkan kembali data internet pada smartphone.

Pada prinsipnya, mode pesawat adalah mode untuk mematikan koneksi pada gawai seperti koneksi seluler, koneksi data, bluethooth dan Wi-Fi. Dengan mengaktifkannya, maka kita tidak dapat menerima panggilan, pesan, notifikasi serta akses internet.

Pada gawai berbasis android, untuk mengaktifkan mode ini pada kondisi lockscreen, usap ke bawah pada area notifikasi.

Dengan begitu, maka akan muncul Quick Settings menu. Tekan logo mode pesawat untuk mengaktifkan, tekan lagi untuk menon-aktifkan.

Pada home screen, cara menggunakan mode pesawat juga sama dengan cara saat kondisi locksreen. Hanya saja, kita perlu swap down dua kali atau dapat mengusap layar dengan dua jari sekaligus untuk memunculkan Quick Settings.

Sedangkan jika ingin mengakses mode pesawat melalui pengaturan menu, maka kita perlu membuka Setting, kemudian tap More pada pilihan Wireless and Network, kemudian alihkan switch airplane mode. Jika mode ini telah aktif, maka akan terlihat lambang pesawat di notifikasi bar.

Pada iOS, cara mengaktifkan mode ini pada Control Center adalah dengan mengusap ke atas dari bagian bawah layar. Kemudian, tap lambang pesawat di pojok kiri atas.

Jika dari menu Setingan, masuk ke halaman Setting, kemudain alihkan switch airplane mode. Jika telah aktif, akan terlihat lambang pesawat di notification bar.***

Editor:hasan b
Sumber:republika.co.id
Kategori:GoNews Group
wwwwww