Ini Dia, 10 Orang Terkaya Indonesia, dari Pengusaha Rokok Hingga Kelapa Sawit

Ini Dia, 10 Orang Terkaya Indonesia, dari Pengusaha Rokok Hingga Kelapa Sawit
Forbes kembali menempatkan R. Budi dan Michael Hartono di urutan pertama daftar orang Indonesia paling kaya. Nilai kekayaan Budi dan Michael adalah US$ 15 miliar (setara dengan Rp 175 triliun). Forbes.com
Rabu, 22 Maret 2017 13:01 WIB
Penulis: Muslikhin Effendy
JAKARTA - Forbes kembali melansir daftar orang terkaya di dunia, termasuk di antaranya sejumlah konglomerat Indonesia yang mencatatkan kekayaan fantastis. Dari 10 orang terkaya di Indonesia, sebagian besar masih di dominasi nama-nama lama.
1. R. Budi Hartono.  Forbes mencatat nilai kekayaan Budi Hartono mencapai US$ 9,5 miliar, atau berada di urutan pertama orang terkaya di Indonesia. Budi dan adiknya, Michael Hartono adalah pewaris perusahaan rokok Djarum.

Pada 1950, ayah mereka, Oei Wie Gian mengakusisi perusahaan rokok yang hampir bangkrut. Berada di tangan dingin keluarga Hartono, Djarum kin menjelma menjadi salah satu perusahaan rokok raksasa di Indonesia dengan spesialisasi pada rokok kretek. Saat ini, Djarum dinahkodai oleh anak Budi yaitu Victor. Budi juga tercatat menjadi pemegang saham utama Bank Central Asia. 

2. Michael Hartono Nilai kekayaan Michael Hartono mencapai US$ 9,4 miliar atau berada di peringkat kedua. Seperti Budi, Michael adalah pewaris Djarum dan pemegang saham BCA.

3. Sri Prakash Lohia Pria berdarah India ini ditaksir memiliki kekayaan sebesar US$ 5,3 miliar. Bersama ayahnya, Lohia mendirikan Indorama pada 1973. Perusahaan yang bergerak di bidang petrokimia ini menjadi mesin uang Lohia. Indorama melakukan ekspansi bisnis hingga ke Afrika. Salah satu adik Lohia bernama Aloke, juga tercatat sebagai salah satu orang terkaya yang tinggal di Thailand. 

4. Chairul Tanjung Kekayaan Chairul Tanjung diprediksi mencapai US$ 4,8 miliar. Pundi-pundi pria yang mengantongi gelar sebagai dokter gigi ini berasal dari jaringan ritel Carrefour, Transmart, stasiun televisi, bisnis franschise mulai dari Wendy's, Mango, Versace, Jimmy Choo dan lain-lain.

5. Tahir Forbes melansir nilai kekayaan Tahir diprediksi mencapai US$ 2,9 miliar. Ia adalah pendiri Mayapada Group yang bisnisnya membentang mulai dari rumah sakit, bank hingga real estate. Tahir juga dikenal sebagai filantropis dengan mendonasikan US$ 14 juta kekayaannya pada 2016.

6. Murdaya Poo Nilai kekayaannya diprediksi mencapai US$ 2,1 miliar. Ia merupakan pemilik Jakarta International Expo, gedung pertunjukan di Jakarta. Bisnis Murdaya bermacam-macam mulai dari kelapa sawit, hingga informasi teknologi. Ia juga supplier perusahan olah raga Nike. 

7. Theodore Rachmat  Bekas bos Astra International ini ditaksir memiliki kekayaan sekitar US$ 1,95 miliar. Ia memulai karirnya di Astra pada 1969. Bisnisnya berkembang ke sektor batu bara melalui Adaro Energy, kelapa sawit dan karet. Anak Rachmat, Arif mengelola perusahaan keluarga Triputra Agro. 

8. Mochtar Riady  Pemilik kekayaannya US$ 1,88 miliar ini adalah pendiri Lippo Group. Saat ini Lippo dioperasikan oleh anaknya, James dan Stephen Riady. 

9. Prajogo Pangestu  Kekayaan Prajogo diperkirakan mencapai US$ 1,8 miliar. Ia masuk dalam daftar orang terkaya Forbes setelah sahamnya di Barito Pacific dan Chandra Asri melonjak dalam setahun terakhir. 

10. Peter Sondakh  Pemilik perusahaan taksi Express Transindo Utama ini diperkirakan memiliki kekayaan sekitar US$ 1,69 miliar. Sondakh juga berbisnis properti di antaranya hotel. ***

loading...
Sumber:Tempo.co
Kategori:GoNews Group
wwwwww