Akan Segera Dibangun Asrama Haji di Riau, Gubernur Andi Serahkan Hibah Tanah ke Menteri Agama

Akan Segera Dibangun Asrama Haji di Riau, Gubernur Andi Serahkan Hibah Tanah ke Menteri Agama
Acara penandatanganan serah terima hibah tanah dari Pemprov Riau ke Kementerian Agama RI. (Muslikhin/GoNews)
Rabu, 22 Maret 2017 17:35 WIB
Penulis: Muslikhin Effendy
JAKARTA - Bertempat di Kementerian Agama RI, Gubernur Riau Arsyadjuliandi Rachman secara resmi telah menandatangani kesepakatan serah terima barang dari Provinsi Riau ke Kementerian Agama, Rabu (22/3/2017).

Serah terima barang dari Pemprov Riau ke Kementerian Agama tersebut, berbentuk sebidang tanah seluas 4 hektare di kawasan Labersa Kampar Riau.

Dalam sambutannya, Gubernur Riau Arsyadjuliandi Rachman mengatakan, tanah tersebut nantinya akan dipergunakan untuk dibangun Asrama Haji di Riau.

"Secara fasilitas dan penganggaran dari APBD Provinsi dan Kabupaten/Kota sudah siap, jika akhir bulan ini tidak diputuskan maka akan pengaruh dengan APBD, makanya kami hari ini berterimakasih sekali kepada pak Menteri Agama Lukman Saifudin, agar cepat terealisasi," ujar Gubernur.

Jika nantinya sudah terbangun asrama dan Riau memiliki Embarkasi Haji sendiri kata Andi, akan berdampak positif bukan hanya pada ekonomi masyarakat saja, namun juga berdampak pada psykologi masyarakat Riau.

"Untuk jangka panjang, dengan dimulainya embarkasi haji di Pekanbaru, maka secara ekonomi akan bergerak di Pekanbaru. Dan tentunya yang paling diharapkan masyarakat adalah soal psykologi. Kenapa? Karena selama ini kan baik berangkat maupun pulang haji masih menggunakan embarkasi dari Provinsi tetangga yaitu Kota Batam," tukasnya.

Masih kata Andi, dirinya juga berjanji akan bekerja keras guna mewujudkan keinginan Provinsi Riau dalam membangun embarkasi haji itu.

"Mudah-mudahan Pak menteri segera mengabulkan permintaan masyarakat Riau ini, apalagi rencana ini sudah kita ekspos kemana-mana termasuk melalui media," tandasnya.

Sementara itu, Menteri Agama Lukman Syaifudin kepada GoNews.co usai acara mengatakan, pihaknya belum bisa memastikan apakah tahun 2018 sudah bisa selesai atau bahkan baru dimulai pembangunannya.

"Jadi begini, tugas kita adalah mengusahakan, kalau kemarin kendalanya adalah masalah lahan, akhirnya hari ini alhamdulillah secara resmi kita sudah mendapat jawaban. Dimana secara resmi kita sudah menerimanya, nantinya kita bersama-sama dengan Pemprov Riau akan mulai perencanaannya dari mulai desain dan pembangunan fisiknya," ujar Lukman.

Riau sendiri kata Lukman, sejatinya sudah memenuhi syarat untuk memiliki embarkasi dan asrama haji sendiri. "Dari jumlah kuota haji Riau sudah mencapai 5030 orang. Itu artinya sudah memenuhi syarat," paparnya.

"Mudah-mudahan harapan masyarakat Riau ini bisa segera terealisasi, tapi saya tidak janji kapan selesainya, yang jelas diusahakan dulu, jangan nanti kalian tulis 2018 selesai, nah ketika tidak selesai kami juga yang salah," candanya.

"Dan tentunya, kita berharap juga bantuan dari Provinsi Riau termasuk melalui dana APBD, agar bisa cepat terlaksan, saya rasa itu dulu," pungkas Lukman Hakim.

Hadir dalam acara penandatanganan hibah tersebut, Asisten I Provinsi Riau A Syahrofi, Kakanwil Kemenag Riau, A Supardi, Mahyudin, Bupati Kampar terpilih Aziz Zaenal, Kabag Humas Erisman Yahya dan Dirjen Haji Kemenag serta perwakilan dari Badan Penghubung Riau di Jakarta.***
loading...
wwwwww