Tips Membeli Kompresor Angin

Tips Membeli Kompresor Angin
Senin, 13 Maret 2017 15:26 WIB

Sebelum memilih kompresor untuk dibeli, sebaiknya memahami terlebih dahulu penggunaan kompresor. Hal ini dilakukan untuk memastikan mesin tersebut memenuhi kebutuhan yang sesuai. Membeli kompresor yang terlalu kecil akan menyia-nyiakan waktu berharga Anda. Sementara membeli kompresor yang terlalu besar juga membuang-buang sumber daya yang berharga.

Perlu juga memperhatikan bahwa harga kompresor tak semata-mata berdasarkan pada harga awal unit tersebut. Harga suatu barang harus berdasarkan biaya keseluruhan dari periode waktu penggunaan unit kompresor tersebut. Unit yang tak mahal biasanya dirancang untuk dapat sekali pakai atau dibuang setelah pemakaian, seperti pemantik api.

Berikut ini adalah beberapa pertanyaan yang dapat dipertimbangkan saat memilih kompresor angin.

Berapa tekanan operasi maksimum yang dibutuhkan?

Jumlah ini akan menentukan jenis kompresor yang dibutuhkan, apakah Single Stage atau Two Stage

Berapa penggunaan tingkat kecepatan aliran udara maksimum yang dibutuhkan?

Tambahkan seluruh peralatan angin yang akan digunakan pada saat bersamaan. Ketika mencari kompresor, tambahkan sekitar 30% dari nilai tingkat kecepatan aliran udara yang ditentukan. Hal ini memungkinkan buffer yang cukup terhadap penggunaan kompresor yang tak biasa atau tak diketahui.

Jangan menambahkan seluruh peralatan angin yang akan digunakan untuk bekerja begitu saja. Karena hal ini akan menyebabkan nilai tingkat kecepatan aliran udara yang meningkat dan membutuhkan pembelian kompresor yang sangat besar.

Apakah memnutuhkan mesin yang portabel atau mesin yang statis?

Tentukan apakah unit perlu dipindahkan di sekitar fasilitas Anda atau merupakan unit yang ditempatkan secara statis. Hal ini akan membantu menentukan faktor lain seperti ukuran dan berat. Semakin tinggi tekanan dan volume, maka dibutuhkan unit yang lebih besar ukurannya dan lebih berat. Hal ini disebabkan kebutuhan tenaga, sistem pompa, konstruksi chassis, komponen listrik dan lain lain harus lebih besar untuk dapat memuat peningkatan tersebut.

Apa tipe sistem pemicu yang dibutuhkan, motor listrik atau mesin bensin?

Dengan mengetahui lingkungan tempat penggunaan kompresor, maka akan menentukan tipe sistem pemicu yang dibutuhkan oleh mesin. Jika selalu tersedia daya listrik, maka sebaiknya sistem pemicu tersebut berupa motor listrik karena lebih murah untuk dibeli dan kurang membutuhkan pemeliharaan secara keseluruhan. Apabila daya listrik tak selalu tersedia, maka sebaiknya menggunakan kompresor yang dipicu oleh mesin bertenaga bensin. Kompresor-kompresor tersebut menawarkan portablitas dan fleksibilitas pada wilayah kerja.

Baca juga: Mengejar Prestasi, Fadli dari Balap Motor ke Balap Sepeda

Berapa ukukran tangki penerima yang dibutuhkan?

Ukuran tangki kompresor yang biasanya diukur dalam satuan galon harus ditentukan oleh tipe penggunaan keseluruhan. Jika penggunaan dilakukan pada penyemprot yang terkonsentrasi secara cepat seperti pemasang paku, maka dibutuhkan tangki yang berukuran kecil. Tetapi jika unit tersebut harus menjalani penggunaan dengan periode yang lama seperti peralatan untukmenghaluskan suatu material atau kunci pas dengan tumbukan, maka dibutuhkan ukuran tangki yang lebih besar.

Nah, dengan menjawab pertanyaan-pertanyaan tersebut, tentu Anda sudah dapat memilih jenis dan spesifikasi kompresor yang dibutuhkan. Setelah itu Anda dapat mengecek daftar harga kompresor angin di ralali.com b2b marketplace Indonesia terbesar, blog atau pun menanyakan langsung harga kompresor yang sesuai dengan spesifikasi yang dibutuhkan melalui telepon.

Harga kompresor angin bensin sendiri cukup beragam, tergantung dari merk dan spesifikasinya. Nah, kisaran harga kompresor angin bensin tersebut mulai dari Rp 2 jutaan hingga Rp 7 jutaan. Kelihatannya memang mahal, tetapi jelas sangat berguna bagi peralatan yang membutuhkan tekanan udara. Selamat menentukan sendiri ya, kira-kira spesifikasi apa yang jelas dibutuhkan dan jenis kompresor yang diinginkan. Apakah Anda membutuhkan kompresor dengan motor listrik atau kompresor bertenaga bensin.

Editor:Hermanto Ansam
Kategori:Ekonomi, GoNews Group

wwwwww