Terpopuler 24 Jam Terakhir
1
Susanto Jinakkan Torre Lewat Jebakan Krisis Waktu
Olahraga
22 jam yang lalu
Susanto Jinakkan Torre Lewat Jebakan Krisis Waktu
2
Ditanya Lebih Bangga Indonesia atau Korsel Yang Lolos ke Olimpiade 2024 Paris, Ini Jawaban Shin Tae-yong
Olahraga
21 jam yang lalu
Ditanya Lebih Bangga Indonesia atau Korsel Yang Lolos ke Olimpiade 2024 Paris, Ini Jawaban Shin Tae-yong
3
Cerita Kekesalan Shin Tae-yong dan Menyebut Takdir Bertemu Korsel di Perempat Final
Olahraga
19 jam yang lalu
Cerita Kekesalan Shin Tae-yong dan Menyebut Takdir Bertemu Korsel di Perempat Final
https://143.198.234.52/sonic77https://159.223.193.153/https://64.23.207.118/http://152.42.220.57/
Home  /  Berita  /  GoNews Group

Tertarik Berinvestasi di Kawasan Wisata Mandeh, Pangeran Arab Saudi 'Diam-diam' Melancong ke Sumatera Barat

Tertarik Berinvestasi di Kawasan Wisata Mandeh, Pangeran Arab Saudi Diam-diam Melancong ke Sumatera Barat
Kawasan Wisata Pulau Mandeh, Sumatera Barat.
Minggu, 05 Maret 2017 15:10 WIB
JAKARTA - Sumatera Barat memiliki hubungan yang dekat dengan Arab Saudi. Sebagai daerah basis Islam terbesar di Indonesia, ranah Minang yang memiliki pesona alam yang luar biasa menjadi salah satu daerah yang dituju wisatawan Arab. Karenanya, tak heran jika kerajaan Arab Saudi menaruh perhatian besar ke Kawasan Pulau Mandeh di Pesisir Selatan, Sumatera Barat.

''Ya, sedang proses, pangeran-pangeran (Arab Saudi) ada yang ke sana, ke Sumatera Barat,'' kata Tenaga Ahli Madya Kantor Staf Presiden Kedeputian Komunikasi Politik dan Diseminasi Informasi Agustinus Eko Rahardjo saat ditemui dalam sebuah diskusi di Gado-Gado Boplo, Jakarta Pusat, Sabtu, 4 Maret 2017. Agustinus tidak menjelaskan nama pangeran Arab Saudi yang sudah ke Sumatera Barat dan kapan keberangkatannya ke provinsi itu.

Arab Saudi diketahui tertarik berinvestasi di sektor pariwisata di Sumatera Barat. Pantai Mandeh di Sumatera Barat dipersiapkan menampung investasi dari Arab Saudi tersebut.

Pria yang akrab disapa Jojo ini mengungkapkan, lokasi itu memang tak termasuk sepuluh destinasi wisata yang tengah dipersiapkan pemerintah, tapi potensi pariwisata di sana luar biasa. Dia menyebut Pantai Mandeh seperti Raja Ampat yang berada di Sumatera. Mengenai detail investasi ini akan dibicarakan lebih lanjut oleh Kementerian Pariwisata, pemerintah daerah Sumatera Barat dan juga bersama dengan Badan Koordinasi Penanaman Modal.

Selain itu, Jojo menjelaskan Sumatera Barat sebagai daerah dengan penduduk yang mayoritas muslim, membuat pihak Arab Saudi merasakan ada perasaan khusus dengan daerah itu. ''Sumbar mayoritas muslim, mereka ada feel khusus,'' ujarnya.

Senada dengan Jojo, ekonom dari Universitas Indonesia, Ninasapti Triaswati, mengatakan Sumatera Barat secara kultural, lebih dekat dengan Arab Saudi. Jika realisasi investasi di Pantai Mandeh terlaksana, Nina menyatakan para keluarga Raja Salman mungkin tak perlu ke pantai di Prancis untuk berlibur.

Meski begitu, Nina melihat kedekatan kultural yang sudah dibangun ini harus bisa sampai di level investasi ekonomi. "Karena itu, memenangkan kepercayaan Arab Saudi itu penting," ujar Nina. ***

Editor:Hermanto Ansam
Sumber:tempo.co
Kategori:GoNews Group, Sumatera Barat
wwwwwwhttps://143.198.234.52/sonic77https://159.223.193.153/https://64.23.207.118/http://152.42.220.57/