Loading...
Home >  Berita >  Peristiwa

5 Pintu Air PLTA Koto Panjang Dibuka Siang Ini, Pemukim Dibantaran Sungai Kampar Diminta Hindari Aktivitas Dekat Sungai

5 Pintu Air PLTA Koto Panjang Dibuka Siang Ini, Pemukim Dibantaran Sungai Kampar Diminta Hindari Aktivitas Dekat Sungai
Kondisi banjir di Pangkalan Koto Baru, Jumat (Foto: Istimewa)
Jum'at, 03 Maret 2017 11:38 WIB
Penulis: Chairul Hadi
PEKANBARU - Hujan deras membuat meningkatnya volume debit air di Pembangkit Listrik Tenaga Air (PLTA) Koto Panjang, Kabupaten Kampar, Provinsi Riau. Akibatnya, pintu Spliway (pembuangan air) terpaksa dibuka.

Menurut informasi yang dirangkum GoRiau.com (GoNews Grup), pihak PLTA Koto Panjang akan membuka lima pintu spilway-nya pada Jumat (3/3/2017) siang ini, sekitar pukul 14.00 WIB.

Pembukaan pintu dilakukan setinggi 30 hingga 50 centimeter. Itu beralasan, lantaran kondisi air di waduk terus meningkat, akibat hujan dan kiriman air dari daerah Pangkalan, Sumatera Barat.

Saat ini, elepasi air waduk di PLTA Koto Panjang dalam posisi ketinggian 80,48 M, yang masih dalam batas normal. Namun akibat faktor di atas, kondisi air waduk terus meningkat.

"Terkait ini, dihimbau kepada masyarakat yang tinggal dibantaran Sungai Kampar, khususnya disisi hilir waduk PLTA Koto Panjang untuk waspada, karena akan mengalami kenaikan ketinggian air," ungkap Humas Polres Kampar, Iptu Deni Yusra.

"Selain itu, juga dihimbau agar masyarakat tidak beraktivitas dan sedapat mungkin menjauh dari bantaran sungai Kampar untuk keselamatan," lanjut dia, Jumat siang.

Curah hujan yang tinggi sejak Kamis malam hingga Jumat ini membuat beberapa daerah perbatasan Riau-Sumbar mengalami banjir. Paling parah di Kecamatan Pangkalan Koto Baru, Sumbar. Air meluber hingga ke jalan lintas.

Selain itu kabarnya juga ada longsor di area perbukitan, di jalan yang menghubungkan Provinsi Riau-Sumbar ini. Mengantisipasi macet, Polres Kampar mengalihkan kendaraan menuju Kiliranjao dan Kuansing. ***

Kategori : Peristiwa

Loading...
www www