Home  /  Berita  /  Politik

Amankan Kunjungan Raja Salman di Gedung DPR, Polri Kerahkan 3.200 Personel

Amankan Kunjungan Raja Salman di Gedung DPR, Polri Kerahkan 3.200 Personel
Kapolda Metro Jaya saat mengecek kesiapan personil di DPR. (GoNews)
Kamis, 02 Maret 2017 10:00 WIB
Penulis: Muslikhin Effendy
JAKARTA - Guna mengamankan kedatangan dan acara Raja Salman di gedung DPR RI, 3.200 personel Polri dan TNI disiagakan mulai dari pintu masuk, pintu keluar, Gedung Nusantara I dan Nusantara III.

Menurut keterangan Kapolda Metro Jaya Irjen M Iriawan, dirinya sudah melakukan pengecekan secara menyeluruh didampingi Pangdam Jaya Mayjen Jaswandi.

"Total keseluruhan di areal Gedung ada 3.200 nggota kami yang siap mengamankan acara kunjungan Raja Salman. Pasukan lebih baik banyak daripada kurang," kata Iriawan usai mengecek gedung Nusantara DPR, Senayan, Jakarta Pusat, Kamis (2/3/2017).

Penjagaan dilakukan ketat sesuai dengan prosedur pengamanan tamu negara. Di DPR ada empat ring pengamanan dengan ring pertama dijaga personel TNI dan Polda Metro.

"Di sini sampai ring 4. Ring 1 dari TNI kami backup. Kami sebagai wakil, komandan kami Pangkostrad, tetap kami bersinergi. Misinya bagaimana mengamankan kedatangan beliau sehingga selesai kegiatan di Jakarta khususnya," papar Iriawan.

Rencananya usai dari Gedung DPR, Raja Salman bersama rombongannya akan mengunjungi Masjid Istiqlal. Polda Metro Jaya sudah menyiapkan pengamanan selama kunjungan Raja Salman.

"Ini hanya di DPR ya, kalau di Istiqlal lain lagi, istana sudah ada pengamanan sendiri. Objek yang kita maksimalkan di sini, kemudian di Istiqlal, kemudian Hotel Raffles tempat raja menginap, dan dua hotel lain Marriott, dan Four Seasons," terang Iriawan.

"Tapi raja kan kami siapkan di satu hotel yang steril sendiri. Hasil koordinasi dengan pihak Saudi Arabia tidak ada permasalahan dan kekurangan menurut yang disampaikan pada kami," imbuhnya.

Sementara itu, personil dari satuan Lantas juga sudah diturunkan sejak pukul 07.00 WIB guna mengatur lalu lintas dari DPR menuju Masjid Istiqlal.

Iriawan memastikan masyarakat masih bisa melihat kedatang Raja Salman."Permintaan dari pemerintah Saudi Arabia begitu lewat harus ditutup. Kita hormati permintaan mereka. Tapi sepanjang jalan (masyarakat) bisa lihatlah lewatnya Yang Mulia Raja Salman," kata dia.

Kedatangan Raja Salman sendiri, sesuai jadwal akan tiba pukul 13.00 WIB, didampingi Menko, Menag dan Menlu yang akan disambut langsung Ketua DPR Setya Novanto.

Dan pada pukul 13.02, Raja Salman akan langsung membubuhkan tandtangan piagam kedatangannya didampingi Ketua DPR di Nusantara I. ***

wwwwwwhttps://green.radenintan.ac.id/max/https://bkpsdm.tanahlautkab.go.id/galaxy/https://143.198.234.52/sonic77https://159.223.193.153/