Home  /  Berita  /  Umum

Lestarikan Budaya Minang Kabau, Ketua IKMR Mandau Resmikan Grup Kesenian Tambua Sabai Nan Aluih Duri Timur

Lestarikan Budaya Minang Kabau, Ketua IKMR Mandau Resmikan Grup Kesenian Tambua Sabai Nan Aluih Duri Timur
Ketua Ikatan Keluarga Minang Riau (IKMR) Kecamatan Mandau Indra V Dt Mangiang meresmikan kesenian tambua Duri Timur
Minggu, 19 Februari 2017 13:28 WIB
Penulis: Ira Widana
DURI - Ketua Ikatan Keluarga Minang Riau (IKMR) Kecamatan Mandau Indra V Dt Mangiang bersama pengurus lainnya, Sabtu (18/2/2017) malam meresmikan group kesenian tambua, tari piring dan silat Sabai Nan Aluih di Jalan Gaya Baru Gang Ikan RT 05/RW 03 Kelurahan Duri Timur Kecamatan Mandau.

Kehadiran ketua IKMR bersama jajaran pengurus lainnya disambut Ketua Group Seni Sabai Nan Aluih Amri Dt Maruhun bersama masyarakat dengan seni tambua, silat dan tari piring.

Sebelum meresmikan grup seni budaya Minang Kabau tersebut Ketua IKMR Mandau Indra V Dt Mangiang dalam sambutannya menyampaikan sangat mengapresiasi kegiatan positip yang dilakukan oleh warga RT 5/RW 3 Kelurahan Duri Timur.

"Karena melalui kegiatan tersebut akan dapat melestarikan budaya Minang Kabau. Walau kita berada di rantau, namun adat budaya dan kesenian Minang Kabau tetap dilestarikan," katanya kepada GoRiau.com (GoNews Grup).

Selain itu juga, generasi muda Minang Kabau di perantauan hendaknya bisa menjadi generasi yang memiliki budaya dan seni daerah asalnya.

"Artinya, dengan aktif dalam kegiatan seperti ini anak-anak dan generasi muda lainnya dapat terhindar dari kegiatan yang tidak membawa makna. Artinya dapat menjauhi penyalah gunaan narkoba, balap liar dan juga nongkrong di warnet," terang Ketua IKMR.

Sementara itu Ketua Grup Seni Sabai Nan Aluih Amri Dt Maruhun yang juga Ketua RT 05 RW 3 Kelurahan Duri Timur mengatakan bahwa grup seni Sabai Nan Aluih telah berjalan sejak 7 bulan lalu dengan peralatan masih minim dari swadaya masyarakat.

"Walau masih banyak kebutuhan yang akan dibenahi termasuk baju seragam. Namun tidak mengurangi semangat anggota untuk terus berlatih. Hal ini merupakan tanggung jawab para orang tua untuk membudayakan kesenian Minang. Selain menjalin silaturahmi dengan kesenian juga mewariskan seni Minang Kabau kepada generasi muda," kata Amri.

Peresmian grup seni Sabai Nan Aluih tersebut ditandai dengan pemukulan tambua oleh Ketua IKMR Mandau Indra V Dt Mangiang didampingi oleh pengurus lainnya Wirno Sanjoyo, Ahmad Fadilah, dan juga Jonet Sabri.

"Kita terharu atas semangat pengurus dan anak-anak anggota group seni.Sehingga anak-anak akan tahu dan mengerti dengan kesenian Minang. Kegiatan ini juga menumbuhkan kreasi generasi muda. Melalui group ini akan anak-anak memiliki ilmu seni budaya. Dan bakal dapat bermanfaat di manapun termasuk di sekolah," kata Indra menambahkan.

"Untuk acara HUT IKMR nanti kita akan undang penampilan semua grup seni budaya tradisional Minang Kabau. Dalam acara nantinya yang diberi nama gerakan ekonomi dan budaya Minang, menampilkan seni tradisional dari Minang kabau dan kuliner Minang kabar dil apangan Pokok Jengkol," tutupnya. *** #Klik di Sini Baca Berita BENGKALIS

Kategori:Umum
wwwwwwhttps://143.198.234.52/sonic77https://159.223.193.153/https://64.23.207.118/http://152.42.220.57/