Home  /  Berita  /  GoNews Group

6 Cara Ini Bisa Atasi Hidung Tersumbat

6 Cara Ini Bisa Atasi Hidung Tersumbat
Bawang merah. (int)
Selasa, 14 Februari 2017 15:12 WIB
JAKARTA - Mungkin hampir semua orang pernah mengalami hidung tersumbat. Bahkan terkadang sangat menyiksa karena menyebabkan susah bernapas, sulit tidur dan mengganggu aktivitas.

Ada berbagai cara yang bisa dilakukan untuk mengatasinya. Berikut ini ulasannya:

1. Menghirup zat aromatik
Salah satu cara yang efektif untuk mengatasi hidung mampat adalah dengan menghirup uap zat aromatik seperti mentol atau kayu putih. Produk inhaler yang dijual di pasaran umumnya mengandung mentol, minyak peppermint, dan kayu putih. Jika Anda tidak memiliki inhaler, Anda bisa mencoba cara lain.

Isi bak mandi Anda dengan air hangat yang  dicampur dengan  4-5 tetes minyak aromatik, lalu sembari berendam, hiruplah aroma minyak aromatik. Anda juga bisa meneteskan minyak aromatik dalam wadah berisi air hangat dan mengjirup aromanya. Berendam dengan air hangat yang dicampur minyak aromatik juga berkhasiat membuat Anda lebih rileks.

2. Peppermint
Terdapat kandungan mentol dalam peppermint. Saat meminum teh peppermint, kandungan mentol akan menyebar dan membantu melebarkan sinus. Aroma peppermint memang tidak sekuat kayu putih, tetapi seringkali bekerja dengan lebih baik.

3. Minum kopi atau teh hangat
Meminum minuman hangat, salah satu cara yang paling mudah. Uap yang dihasilkan dari minuman hangat bisa membantu mengencerkan lendir yang ada di dalam hidung.

4. Bawang merah
Aroma pedas yang keluar dari bawang merah ternyata dapat membantu menyembuhkan hidung yang tersumbat. Caranya mudah, bila kuat menghirup aromanya, potonglah bawang merah menjadi dua dan hirup aromanya selama 3-5 menit.

5.Konsumsi makanan pedas
Pernahkah Anda melihat orang yang keringatan dan mengeluarkan lendir dari hidung saat mengonsumsi makanan pedas? Nah, makanan pedas ternyata dapat membantu penderita yang mengalami hidung tersumbat. Rasa pedas pada makanan dapat merangsang lendir keluar, sehingga lendir menjadi lebih encer dan mudah dikeluarkan.

6. Posisi tidur
Jika Anda mengalami hidung tersumbat yang parah saat tidur, cobalah  meninggikan posisi kepala dengan cara meletakkan bantal tambahan di bawah kepala atau leher. Hal ini akan mengurangi penumpukan darah pada hidung sehingga dapat mengurangi atau menghilangkan gangguan hidung tersumbat.***

Editor:hasan b
Sumber:tempo.co
Kategori:GoNews Group
wwwwwwhttps://green.radenintan.ac.id/max/https://bkpsdm.tanahlautkab.go.id/galaxy/https://143.198.234.52/sonic77