Terpopuler 24 Jam Terakhir
1
Protes Resmi Tim U-23 Indonesia Terkait Kepemimpinan Wasit
Olahraga
5 jam yang lalu
Protes Resmi Tim U-23 Indonesia Terkait Kepemimpinan Wasit
2
Selebritas Tanah Air Turut Berduka Berpulangnya Babe Cabita
Umum
5 jam yang lalu
Selebritas Tanah Air Turut Berduka Berpulangnya Babe Cabita
3
Vokalis Firehouse, CJ Snare Meninggal Dunia
Umum
5 jam yang lalu
Vokalis Firehouse, CJ Snare Meninggal Dunia
4
Robert Downey Jr Akan Kembali sebagai Iron Man
Umum
5 jam yang lalu
Robert Downey Jr Akan Kembali sebagai Iron Man
5
Ivan Gunawan Minta Maaf terkait Kontroversi Video Candaan Pelecehan Seksual
Umum
4 jam yang lalu
Ivan Gunawan Minta Maaf terkait Kontroversi Video Candaan Pelecehan Seksual
6
Penyanyi Nelly Furtado Terjatuh Saat Tampil di Festival Musik Coachella
Umum
4 jam yang lalu
Penyanyi Nelly Furtado Terjatuh Saat Tampil di Festival Musik Coachella
https://143.198.234.52/sonic77https://159.223.193.153/https://64.23.207.118/http://152.42.220.57/
Home  /  Berita  /  GoNews Group

Berikut Kalender Event Pariwisata Pilihan di Tahun 2017 dari Aceh sampai Papua

Berikut Kalender Event Pariwisata Pilihan di Tahun 2017 dari Aceh sampai Papua
Event Bakar Tongkang Riau. (istimewa)
Rabu, 08 Februari 2017 21:17 WIB
Penulis: Muslikhin Effendy
JAKARTA - Resolusi tahun 2017 Anda pasti penuh warna, apakah salah satunya berkeliling Indonesia? Jika iya, Anda punya banyak pilihan berkunjung ke beberapa destinasi di Indonesia sambil menikmati beragam festival.

Berikut ini adalah event-event pariwisata pilihan yang berlangsung dari Februari hingga Desember 2017 di seluruh provinsi di Indonesia. Tandai kalender Anda dan segeralah buat rencana untuk mengelilingi Tanah Air tercinta.

Februari

Kota Singkawang bisa dibilang sebagai salah satu kota paling meriah pada saat perayaan Cap Go Meh. Saksikan event ini pada 13 Februari mendatang. Anda akan melihat ratusan Tatung melakukan parade mengelilingi kota beserta kelompok pemukul gendang untuk mengusir roh jahat.

Sementara itu, pada 23-25 Februari 2017, diselenggarakan Jogja Air Show di Pantai Parangtritis, Parangkusuma & Depok, Bantul. Jogja Air Show diselenggarakan untuk menambah daya tarik kawasan wisata Pantai Parangtritis, Parangkusumo dan Depok.

Maret

Atraksi perang-perangan lembing dengan berkuda khas Sumba, yaitu Pasola, tahun ini akan digelar pada 18-21 Februari juga pada 17-20 Maret di Pulau Sumba, Nusa Tenggara Timur. Pasola merupakan atraksi wisata yang menjadi ikon budaya Sumba, yaitu upacara perang tradisional berkuda dan saling melempar lembing dari atas punggung kuda yang berlari cepat.

April

Jangan lewatkan Festival Danau Laut Tawar pada 13-16 April 2017, yang diselenggarakan untuk memperkenalkan keindahan Danau Laut Tawar yang berada di Kabupaten Aceh Tengah. Akan ada beragam kegiatan seperti kompetisi bersepeda, pentas seni, pameran foto, lomba perahu, lomba marathon 10K lintas Danau Laut Tawar dan masih banyak lagi.

Event lain di bulan April: Festival Pesona Teluk Tomini (1-9 April), Festival Teluk Jailolo, Tambora Menyapa Dunia (12-16 April), Halo Sultra (23-27 April)

Mei

Kawasan Geopark Merangin di Jambi akan menggelar Festival Geopark Merangin 2017 pada bulan Mei. Festival olahraga dan budaya ini dimeriahkan dengan lomba arung jeram, pameran pariwisata dan UKM, pagelaran budaya tradisi, serta lomba-lomba. Seba Badui juga diselenggarakan pada bulan ini di Pendopo Gubernur Lama Banten. Seba itu sendiri merupakan penyerahan hasil tani atau hasil bumi pada pemerintah setempat. Itu merupakan rasa syukur masyarakat baduy dalam karena mendapatkan hasil panen yang melimpah.

Beralih ke Kalimantan Tengah, ada Festival Budaya Isen Mulang yang diselenggarakan pada 18-24 Mei. Festival tahunan ini digelar dalam rangka memeriahkan HUT Provinsi Kalimantan Tengah, diikuti oleh 14 kabupaten/kota se-Kalimantan Tengah.

Juni

Pesta Kesenian Bali tahun ini berlangsung pada 10 Juni-8 Juli dengan mengangkat tema “Ulundanu”: Melestarikan Air Sumber Kehidupan.

Juli

Pada bulan Juli, Riau akan diramaikan Ritual Bakar Tongkang yang dilaksanakan setiap tahun di Kota Bagansiapi-api, Kabupaten Rokan Hilir. Ritual ini digelar untuk mengenang arwah para leluhur mereka saat menemukan Bagansiapi-api. Selain itu, ada pengalaman menarik lainnya di Bromo jika Anda berkunjung pada bulan ini, yaitu Upacara Yadnya Kasada. Ini merupakan upacara adat masyarakat Suku Tengger sebagai ungkapan rasa syukur.

Di Kalimantan Timur, berlangsung Erau International Folklore Art Festival pada 22-30 Juli. Anda akan disuguhkan kegiatan berupa upacara adat kesultanan yang berlangsung selama tujuh malam di Keraton Kutai Kartanegara Ing Martadipura.

Agustus

Tour de Singkarak merupakan event balap sepeda internasional yang telah diklasifikasi Union Cycliste Internationale (UCI) atau Asosiasi Balap Sepeda International kategori 2.2. Acara ini terdiri dari 9 etape yang diselenggarakan di hampir seluruh kabupaten/kota di Sumatera Barat dan berlangsung mulai 7 Agustus 2017. Sementara di Riau akan ada Pacu Jalur di Kabupaten Kuantan Singingi.

Masih di bulan yang sama, Anda diundang untuk menyaksikan uniknya budaya Lampung lewat Lampung Krakatau Festival  pada 21-27 Agustus 2017.

Lampung Krakatau Festival merupakan event pariwisata Lampung yang diseleggarakan setiap tahun. Kegiatan dimaksudkan untuk mengenang meletusnya Gunung Krakatau pada 27-27 Agustus 1883, serta sebagai sarana apresiasi sei budaya daerah sekaligus memperkenalkan daya tarik wisata Lampung. Festival Lembah Baliem di Jayawijaya, Papua, juga dilaksanakan pada bulan ini, tepatnya pada 5-9 Agustus 2017.

September

Bulan September waktunya berkunjung ke Sumatera Utara untuk menikmati Festival Danau Toba 2017. Ini merupakan event budaya, pariwisata dan olahraga yang cikal bakalnya berasal dari Pesta Danau Toba  pada 1980an.

Setelahnya, cobalah berkunjung ke Kampung Wisata Halal Al-Munawar pada minggu ke-3 September 2017 untuk menikmati Festival Kopi. Keunikan kopi Semendo dari Kabupaten Muaraenim serta kopi asli dari Pagaralam sudah diakui secara nasional maupun internasional. Rasakan keunikan rasanya pada Festival Kopi yang sekaligus digelar dalam rangka menyambut Hari Kopi Internasional.

Cirebon menyuguhkan acara yang tak kalah menarik pada bulan ini. Lewat West Java Performance Art Festival 2017, Anda akan menyaksikan berbagai kegiatan seperti seminar seni-budaya dan sastra, pameran kerajinan dan artefak, serta pertunjukkan seni budaya.

Event lain di bulan September: Wakatobi Wonderful Festival Expo (6-7 September), Sadeq Race (17-24 September), Festival Karampung di Mamuju (24-27 September), Festival Pesona Gorontalo Triatlon/Marathon (26 Agustus-10 September 2017)

Oktober

Bumi Rafflesia mengundang Anda untuk berkunjung pada bulan Oktober sambil menyaksikan Festival Bumi Rafflesia. Event ini diadakan untuk mengingat potensi yang dimiliki Provinsi Bengkulu. Ruang lingkup kegiatan ini meliputi Pameran Wisata Kuliner, mountain bike, pameran dan bazaar, dan juga fam trip Jelajah Bengkulu.

Anda pecinta olahraga lari? Jika iya, itu berarti Jakarta Marathon 2017 adalah event yang paling ditunggu-tunggu. Ini adalah kegiatan olahraga lari untuk seluruh masyarakat Nusantara maupun mancanegara. Rute yang dilewati adalah jalan-jalan utama ibukota.

Event lain di bulan Oktober: Festival Pesona Raja Ampat, Festival Pesona Pulo Cinta Gorontalo (5-15 Oktober), Festival Kesultanan Keraton Buton (10-16 Oktober), Nusa Dua Festival (11-15 Oktober), Tour de Moluccas (26-30 Oktober)

November

Acara sport tourism semakin digencarkan. Kali ini, Pemerintah Provinsi Jawa Tengah akan menyelenggarakan Borobudur Marathon 2017 di bulan November. Rute yang dilalui yaitu di desa-desa di sekitar Candi Borobudur.

Masih di kawasan Borobudur, Jogja International Heritage Walk 2017 mengajak para pecinta olahraga melakukan aktivitas jalan sehat sekaligus gerakan sadar lingkungan pada 18-19 November. Acara ini berlangsung di Candi Borobudur, Desa Imogiri, dengan pilihan kategori yang ditawarkan yaitu 5, 10 dan 20 km.

Desember

Lovely December Toraja yang banyak dinanti wisatawan akan dilaksanakan pada 26-30 Desember 2017. Acara ini sekaligus akan menampilkan festival kopi internasional, festival foto wisata, Toraja Night Run, pameran kuliner dan masih banyak lagi. Festival lain yang diselenggarakan pada akhir tahun adalah Festival Budaya Iraw Tengkayu di Tarakan dan Denpasar Festival (28-31 Desember). ***

wwwwwwhttps://143.198.234.52/sonic77https://159.223.193.153/https://64.23.207.118/http://152.42.220.57/