Home  /  Berita  /  Umum

Jarak Tempuh Riau-Pasaman Kian Pendek, Darmansyah Minta Tangkap Peluang Ekonomi

Jarak Tempuh Riau-Pasaman Kian Pendek, Darmansyah Minta Tangkap Peluang Ekonomi
Foto bersama dengan Ketua Umum IKPPBR.
Sabtu, 04 Februari 2017 12:27 WIB
Penulis: Syafriadi

PEKANBARU-Ketua Umum IKPPBR (Ikatan Keluarga Pasaman dan Pasaman Barat) Ir. Darmansyah meminta semua pihak menangkap dengan jeli peluang ekonomi yang semakin terbuka menyusul dengan diresmikannya jembatan di Rohul (Rokan Hulu), yang memperpendek jarak tempuh antara Pasaman dengan Provinsi Riau.


''Ini peluang besar, terutama bagi para pelaku ekonomi,'' kata Darmanyah di Pekanbaru, Jumat (3/2/2017), kepada GoSumbar.com. Darmansyah ditanya hal itu sekaitan dengan akan dikukuhkannya kepengurusan IKPPBR Kota Pekanbaru yang dijadwalkan pada Minggu (5/2/2017). Pengukuhan itu direncanakan akan dihadiri Bupati Pasaman, H. Yusuf Lubis.

Dikatakan Darmansyah yang juga Kepala Dinas Badan Ketahanan Pangan Provinsi Riau itu, pembangunan jembatan yang memperpendek jarak tempuh Pasaman-Riau dari sebelumnya sembilan menjadi 4 sampai 5 jam saja, menunjukkan besarnya perhatian Gubernur Riau Arsyadjuliandi Rachman menunjukkan besarnya perhatian Gubri pada Pasaman.

''Sekarang tinggal lagi sejauh mana kita mampu menangkap peluang yang sedang terbuka,'' katanya. Ia menunjuk contoh Riau yang selama ini mendatangkan bahan kebutuhan pangan dari luar daerah, peluang itu akan bisa dimanfaatkan oleh Pasaman, yang selama ini terkendala oleh jarak tempuh yang sangat jauh.

Ia menyarankan, untuk menangkap peluang yang ada, seyogianya didirikan lembaga ekonomi seperti koperasi. ''Dengan wadah itu diharapkan produk aau komoditas pertanian Pasaman yang dipasarkan di Riau bisa bersaing dengan produk atau komoditas sejenis dari daerah lain,'' katanya.

Soal kepengurusan IKPPBR Pekanbaru yang akan dikukuhkan pada Minggu depan, Darmansyah meminta untuk mampu menjalin sinergitas dengan Pemmko Pekanbaru, termasuk dengan Walikota dan Wakil Walikota produk Pilwako Pekanbaru yang akan segera terpilih. Dikatakan, dengan sinergitas yang baik, diharapkan akan terjalin hubungan kerjasama yang saling menguntungkan.

Ia juga meminta pengurus IKPPBR Pekanbaru untuk terus mengasah kemampuan, karena IKPPBR Pekanbaru akan menjadi barometer dari IKPPBR lain, terutama yang ada di Provinsi Riau.***

Editor:Evi Endri
Kategori:Rantau, Umum
wwwwwwhttps://143.198.234.52/sonic77https://159.223.193.153/https://64.23.207.118/http://152.42.220.57/