Home  /  Berita  /  Umum

Jembatan Jebol di Lubuk Gadang, Transporasi ke Bukittinggi Putus Total

Jembatan Jebol di Lubuk Gadang, Transporasi ke Bukittinggi Putus Total
Jembatan yang jebol itu
Kamis, 02 Februari 2017 11:36 WIB

AGAM-Satu unit jembatan di Lubuak Gadang Nagari Ampek Koto, Kecamatan Palembayan, Kabupaten Agam jebol dihantam banjir bandang Rabu sore (31/1). Akibatnya, transporasi dari dan menuju arah Kota Bukittinggi putus total.


Pantauan di lokasi, saat ini masyarakat dari dua nagari yakni nagari Salareh Aia dan Nagari III Koto Silungkang yang hendak ke Bukittinggi harus memutar ke Lubuk Basung atau menempuh jarak yang jauh. Sementara para pegawai dan siswa yang bersekolah di ibu kecamatan di Nagari Ampek Koto juga tidak dapat ke tempat tugas dan sekolah.

Masyarakat setempat meminta pihak berkompenten segera membangun jembatan darurat, minimal dapat dilalui kendaraan roda dua agari perekonomian dan aktifitas masyarakat berjalan kembali.

Menurut camat Palembayan Aryati, bencana itu datang secara tiba-tiba sekitar pukul 16.00 WIB atau setelah dua jam hujan turun lebat.

Dikatakannya, tidak ada korban jiwa dalam kejadian itu, hanya saja areal pertanian di sekitar sungai tergenang dan ditimbun tanah, selain itu satu mssjid yang terletak di pinggir sungai juga kebanjiran.

Sementara jembatan yang jebol sekitar 10 meter merupakan jembatan tua warisan pemerintah kolonial Belanda.

Diketahui Jorong Lubuk Gadang yang terletak di lereng perbukitan termasuk daerah rawan banjir dan longsor. Dalam tahun 2016 lalu telah terjadi 4 kali longsoran menimpa badan jalan.***

Editor:Evi Endri
Sumber:harianhaluan.com.
Kategori:Umum, Agam
wwwwwwhttps://green.radenintan.ac.id/max/https://bkpsdm.tanahlautkab.go.id/galaxy/https://143.198.234.52/sonic77