Home  /  Berita  /  Umum

Dibantu KLHK Rp2 M, Bupati Indra Catri: Permasalahan Maninjau Harus Dipersamakan

Dibantu KLHK Rp2 M, Bupati Indra Catri: Permasalahan Maninjau Harus Dipersamakan
Danau Maninjau
Rabu, 01 Februari 2017 12:47 WIB
AGAM-Kementerian Lingkungan Hidup dan Kehutanan (KLHK) Republik Indonesia pada tahun 2017 akan mengalokasikan dana sebesar Rp2 miliar dalam membantu penyelamatan Danau Maninjau.

Anggaran ini dialokasikan pada Daftar Isian Pelaksana Anggaran (Dipa) Kementrian Lingkungan Hidup dan Kehutanan tahun anggaran 2017.

Direktorat Jenderal Pengendalian Daerah Aliran Sungai dan Hutan Lindung Kementrian Lingkungan Hidup dan Kehutanan, Hilman Nugrogo di Lubuk Basung, Senin (30/1), mengatakan, dalam penanganan pencemaran danau vulkanik tersebut pihaknya akan membantu semaksimal mungkin.
 
''Kementrian Lingkungan Hidup dan Kehutanan mengalokasikan dana Rp2 miliar dalam mengatasi pencemaran ini. Dibutuhkan kerja bersama dalam mengatasi masalah di Danau Maninjau,'' katanya.

Ia menjelaskan, sebelumnya pada tahun 2016 pihaknya juga sudah memberikan bantuan dengan mengadakan rehabilitasi sempadan Danau Maninjau, kegiatan pemberdayaan masyarakat sekitar danau dan rehabilitasi hutan di Danau Maninjau seluas 50 hektare.

''Kami berharap bantuan ini bisa memberikan dampak yang besar bagi penyelamatan danau,'' ungkapnya.

Dikatakannya,  dana sebesar Rp2 miliar ini akan digunakan untuk membeli empat perahu untuk membersihkan enceng gondok, pembelian alat pengolahan enceng gondok menjadi pupuk, pelatihan.

Selain itu juga diberikan bibit cangkeh 25 ribu batang dan menyerahkan bibit tanaman produktif sebanyak 17 ribu batang.

Bupati Agam Indra Catri, mengatakan, permasalahan Maninjau harus dipersamakan. Pemerintah juga sudah melakukan penyusunan langkah strategia dalam menyelamatkan Danau Maninjau.

Sebelumnya, peninjauan ke Danau Maninjau dilakukan oleh Dirjen KLHK Hilman didampingi oleh Wakil Bupati Agam, Trinda Farhan Satria, serta Kepala SOPD di Lingkungan Pemerintah Kabupaten Agam. Setelah meninjau danau, Dirjen KLHK melakukan pertemuan dengan Bupati Agam Indra Catri di Aula Bupati Agam Lubuk Basung.***

Editor:Evi Endri
Sumber:harianhaluan.com
Kategori:Umum, Agam
wwwwwwhttps://green.radenintan.ac.id/max/https://bkpsdm.tanahlautkab.go.id/galaxy/https://143.198.234.52/sonic77