Loading...    
           

Jadi Andalan Pariwisata Tanah Datar, Masyarakat Minta Arena Pacu Jawi Dibuat Permanen

Jadi Andalan Pariwisata Tanah Datar, Masyarakat Minta Arena Pacu Jawi Dibuat Permanen
jadi andalan pariwisata
Senin, 30 Januari 2017 13:38 WIB
Penulis: harianhaluan.com
TANAH DATAR-Tradisi pacu jawi menjadi agenda rutin wisata yang digelar setiap selesai panen padi di empat kecamatan di Kabupaten Tanah Datar. Pemkab dan masyarakat terus berupaya meningkatkan angka kunjungan wisatawan, salah satunya dengan berencana membangun arena permanen pacu jawi.

Hal ini disampaikan oleh Bupati Irdinasyah Tarmizi setelah mendengar adanya permintaan sebagian masyarakat tentang arena pacu jawi yang permanen.

''Arena pacu jawi yang permanen seharusnya memang secepatnya dibangun di Tanah Datar. Karena pecinta pacu jawi ini tidak lagi dari masyarakat Sumbar melainkan sudah mancanegara dan hasil jempretan foto pacu jawi dari fotografer telah berhasil tampil di perlombaan tingkat dunia dan pernah menjadi juara dunia,'' sebut Irdinansyah saat menutup secara resmi iven pacu jawi di Nagarian III Koto Kecamatan Rambatan, Sabtu (28/1).

Menurutnya, Pemda merencanakan pembangunan arena dan sarana prasarana dengan menganggarkan di APBD Kabupaten Tanah Datar. Selain itu, ia juga meminta Dinas Pariwisata, Pemuda dan Olahraga untuk menyusun kalender wisata pacu jawi yang jelas.

Sebelumnya tokoh masyarakat, perantau, pecinta pacu jawi dan Walinagari III Koto mengharapkan agar kegiatan pacu jawi itu memiliki arena yang permanen dan dilengkapi dengan sarana dan prasana memadai.

Seperti diketahui, iven pacu jawi selalu ramai dikunjungi pecintanya dan bahkan turis mancanegara pun selalu hadir menyaksikan alek anak nagari itu.

Selama ini, memang pacu jawi hanya dilaksanakan di empat kecamatan, yaitu di Kecamatan Pariangan, Lima Kaum, Rambatan dan di Kecamatan Sungai Tarab, penyelenggaraannya bergiliran setiap bulan.***

Editor:evi endri
Kategori:Tanah Datar, Umum

Loading...
wwwwww