Home  /  Berita  /  Pendidikan

Ruang Cerdas Education Field Trip Goes to Airnav Pekanbaru

Ruang Cerdas Education Field Trip Goes to Airnav Pekanbaru
Siswi-siswi Ruang Cerdas dan pembimbingnya berfoto di Bandara Sultan Syarif Kasim II. (istimewa)
Minggu, 29 Januari 2017 16:08 WIB
PEKANBARU - Minggu (22/1/2017) pagi, siswa dan siswi Ruang Cerdas melakkukan education field trip (EFT) ke pusat pengaturan lalu lintas udara di Pekanbaru, yaitu Perum LPPNPI (Lembaga Penyelenggara Pelayanan Navigasi Penerbangan Indonesia) atau yang lebih dikenal dengan Airnav Indonesia.

Ruang Cerdas sebagai salah satu bimbingan belajar di Pekanbaru yang berlokasi di Jalan Lobak, Simp Ardath ini mengusung tagline "When Education Meets Technology" berkomitmen untuk memberikan edukasi kepada siswa-siswi-nya mengenai kemajuan teknologi agar wawasan dan pengetahuan peserta didiknya menjadi lebih global.

Kunjungan siswa-sisw Ruang Cerdas disambut hangat pihak manajemen Airnav di Pekanbaru. "Kami sangat mengapresiasi dan sangat senang jika mendapatkan kunjungan dari anak-anak sekolah seperti ini," ujar Dwi selaku Junior Manager Airnav Pekanbaru, saat menyambut siswa-siswi Ruang Cerdas.

Kegiatan dimulai dengan memperkenalkan apa itu Airnav dan apa saja tugas yang diembannya. Ternyata kegiatan lalu lintas udara atau kegiatan di Bandar Udara itu secara umum terbagi menjadi 3 bagian, yaitu bagian Bandar Udara, Ruang Udara, dan Pesawat Udara.

Nah, khusus bagian Ruang Udara menjadi tanggung jawab sepenuhnya oleh Airnav Indonesia atau Perum LPPNPI. Mereka akan mengatur lalu lintas udara agar pesawat udara dapat terbang dengan teratur dan tidak saling bentrok dalam jadwal penerbangan.

Jadi itulah tugas inti dari Airnav Indonesia, menjadi penentu atau pengatur lalu lintas udara dalam transportasi udara di seluruh Indonesia.

Dalam kunjungan tersebut, siswa-siswi Ruang Cerdas diberikan materi kelas terlebih dahulu. Materi yang diberikan mengenai kegiatan yang dilakukan oleh Airnav itu sendiri. "Sebelum kita langsung praktik melihat kerja para petugas dalam mengatur lalu lintas udara, kita harus mempelajari dulu mengenai konsep yang ada, agar tidak kebingungan nanti." tambah Dwi, yang terlihat antusias dan bersemangat memimpin kelas.

Usai materi kelas diberikan, siswa-siswi Ruang Cerdas dibagi menjadi 2 kelompok. Kelompok tersebut masing-masing mengunjungi ruang radar dan ruang tower tempat dimana kegiatan utama Airnav dilakukan.

Dalam ruang radar, para petugas bertanggung jawab untuk mengatur lalu lintas udara dan pesawat dengan metode "Instrumental", yaitu menggunakan metode dengan memanfaatkan pemancar radio sebagai alat komunikasi antara pilot dan petugas Airnav untuk saling berkomunikasi agar pesawat udara dapat terbang dengan baik.

Sedangkan untuk petugas didalam tower bertanggung jawab untuk mengatur lalu lintas udara dan pesawat dengan metode 'Visual', yaitu menggunakan metode yang masih dapat dilihat oleh mata langsung dan melalui radio sebagai alat komunikasinya. Tugas dan tanggung jawab Airnav ini sangat mulia, karena mereka harus memastikan lalu lintas udara dapat berjalan dengan lancar tanpa adanya kesalahan sedikitpun. Karena apabila lalai dan terjadi kesalahan, maka kejadian yang fatal dapat terjadi kapanpun. Maka dari itu, fokus dan saling percaya merupakan kunci utama untuk bekerja di Airnav Indonesia.

Siswa-siswi Ruang Cerdas sangat berantusias mengikuti kegiatan ini. ''Saya berharap kegiatan seperti ini dilakukan dengan sering, bisa banyak belajar hal baru yang tidak kami dapatkan di sekolah dan tempat kursus yang lainnya,'' ujar Novia Azzahra, salah satu siswi Ruang Cerdas.

Siswa-siswii Ruang Cerdas mengaku sangat senang bisa rekreasi liburan dengan suasana yang berbeda dari biasanya, ditambah dengan mendapatkan ilmu serta wawasan yang baru di luar dari yang mereka dapatkan biasanya.

''Program seperti ini akan rutin kita lakukan, dengan melakukan kunjungan ke instansi-instansi yang memanfaatkan teknologi di Pekanbaru dan sekitarnya, melalui program ini kami percaya akan menambah wawasan dan pola pikir yang lebih maju bagi siswa-siswi Ruang Cerdas,'' kata CEO Ruang Cerdas, Robbi Fadly di sela-sela kegiatan berlangsung.

Program Education Field Trip ini direncanakan akan digelar sekali dalam 3 bulan, dengan mengunjungi instansi yang memanfaatkan teknologi. Sehingga komitmen Ruang Cerdas dengan memberikan edukasi yang berbeda dapat terus konsisten dan berinovasi. ***

Editor:hasan b
Sumber:rilis
Kategori:Pendidikan, GoNews Group
wwwwwwhttps://green.radenintan.ac.id/max/https://bkpsdm.tanahlautkab.go.id/galaxy/https://143.198.234.52/sonic77