Home  /  Berita  /  Pendidikan

Waduh... Ada Palu Arit dalam Buku Kisi-kisi Unas

Waduh... Ada Palu Arit dalam Buku Kisi-kisi Unas
Buku New Mentor bertema Rahasia Cerdas Membedah Kisi-Kisi UN Bahasa Inggris SMA/MA 2016 menyertakan logo palu arit pada salah satu halamannya. (Foto: Radar Tasikmalaya/jpnn.com)
Selasa, 24 Januari 2017 09:04 WIB

TASIKMALAYA - Gambar palu arit ditemukan di dalam buku kisi-kisi Ujian Nasional (Unas) mata pelajaran Bahasa Inggris yang dibagikan pada siswa kelas III SMA (XII) di SMAN 1 Kawali, Kabupaten Ciamis, Jawa Barat.

Kepala Bidang Humas Polda Jabar, Kombes Pol Yusri Yunus membenarkan adanya penemuan gambar di dalam buku dengan motif palu arit yang termuat dalam buku kisi-kisi unas.

Menurut dia, penemuan logo tersebut setalah ada laporan para guru pada Jumat (20/1). Buku tersebut berjudul New Mentor, lanjut Yusri, bertemakan Rahasia Cerdas Membedah Kisi-Kisi UN Bahasa Inggris SMA/MA 2016.

Buku itu terdiri atas 170 halaman. Pada hal 16 di bagian Latihan Soal, termuat sebuah teks tulisan berjudul ”Announcing the Robert S. Kenny Prize”, dilengkapi dengan gambar palu arit di bawahnya. Termasuk dua buah soal pilihan di sampingnya.

”Tulisan tersebut dalam bahasa Inggris, yang intinya menceritakan penghargaan kepada pejuang buruh dan Marxis. Sedangkan penerbit buku dan tim penulis dari Mas Media Buana Pustaka, dengan editor Qurrota Ayuni,” papar Yusri di Mapolda Jabar, kemarin (23/1) seperti dilansir jpnn.com.

Yusri mengungkapkan, sudah berkoordinasi dengan pihak Kesbangpolmas Kabupaten Ciamis Drs IIN Indra Juhri (Kasi Kewaspadaan Nasional dan Ketahanan Masyarakat).

Termasuk seluruh camat se-Kabupaten Ciamis. Inti dari koordinasi itu, menyerukan kepada Kepala Sekolah tingkat SMA/SMK yang ada di wilayahnya untuk mengetahui perkembangan tentang penemuan buku yang bermotif palu arit tersebut.

”Berdasarkan hasil kordinasi dan komunikasi dengan Sekretaris Dinas Pendidikan Kabupaten Ciamis Drs Wahyu Hidayat MSi bahwa saat ini tingkat SMA kewenangannya sudah menjadi tanggung jawab Pemerintah Provinsi, kemudian mengenai dana buku tersebut bersumber dari dana komite yaitu, iuran siswa/siswi,” tuturnya, seperti diberitakan Bandung Ekspres.

”Pihak Disdik tidak ada keterkaitan dengan pembelian buku yang dilaksanakan oleh pihak SMA/SMK/MA,” sambungnya.

Selain itu, lanjut Yusri, hasil koordinasi dengan Ketua Musyawarah Kerja Kepala Sekolah (MKKS) Kabupaten Ciamis Dr H Endang Rahmat MPd, pihak MKKS tidak mengintruksikan ataupun mengakomodir pengadaan buku di tingkat SMA.

Sebab, sudah diserahkan kepada pihak sekolah masing-masing.

Sementara itu, Kepala SMAN 1 Kawali Drs H Sudarman menerangkan, pihak sekolah saat ini mengamankan 80 ekslempar buku yang terdapat simbol palu arit.

Termasuk menyerahkan kembali kepada distributornya CV Mitra Pelajar. ”Sebab, distributor tersebut sudah biasa berjualan buku ke sekolah-sekolah,” kata Sudarman.

”Saat ini, pihak penerbit menarik kembali buku tersebut dari peredaran. Khususnya di SMA 1 Kawali Kabupaten Ciamis,” tandasnya.

Dia juga memastikan, buku itu belum sampai di tangan murid. Sebab, masih tahap pengecekan oleh guru.

”Sebenarnya yang tahu hanya saya dan guru. Sekarang buku sudah diamankan,” ujarnya.

Sudarman mengatakan terdapat gambar palu arit di materi soal unas itu saat dipelajari oleh guru. Dia langsung melarang buku tersebut diedarkan.

Sudarman pun langsung melaporkannya ke UPT Pendidikan Kawali terkait penemuan soal tersebut sekitar sepekan lalu.

Dan, setelah itu diputuskan penggunaan buku resmi dilarang permanen.

”Buku ini sebelumnya ditujukan untuk kelas 3 yang mau menghadapi unas. Saya lapor ke UPT seminggu lalu dan meminta agar buku itu tidak dipakai,” ungkapnya.

Ketua Musyawarah Kerja Kepala Sekolah (MKKS) Kabupaten Ciamis Dr H Endang Rahmat MPd juga memastikan, buku bermuatan palu arit yang ditemukan di SMAN 1 Kawali itu tidak jadi konsumsi publik. Khususnya pelajar.

”Saya meminta pihak penerbit mengganti buku itu dengan buku lain yang tak mengandung muatan komunis. Jangan sampai ada gambar semacam itu lagi,” tegasnya.(jpnn)

Editor:Arie RF
Sumber:jpnn.com
Kategori:Pendidikan, Peristiwa, GoNews Group
wwwwwwhttps://green.radenintan.ac.id/max/https://bkpsdm.tanahlautkab.go.id/galaxy/https://143.198.234.52/sonic77