Home  /  Berita  /  GoNews Group

Donald Trump Resmi Jadi Presiden AS ke-45

Donald Trump Resmi Jadi Presiden AS ke-45
Donald Trump, didampingi istrinya, Melania, membacakan sumpah saat dilantik menjadi presiden ke-45 Amerika Serikat, Jumat (21/1/2017). (kompas.com)
Sabtu, 21 Januari 2017 00:34 WIB
WASHINGTON DC - Donald Trump resmi dilanti menjadi Presiden Amerika Serikat (AS) ke-45. Trump mengucapkan sumpah jabatannya di depan ratusan ribu warga AS yang hadir langsung di Washington DC.

Ketua Mahkamah Agung AS John Roberts. Hakim Roberts memandu Trump mengucapkan kata-kata dalam sumpah jabatan Presiden AS terlebih dahulu, dan Trump mengikutinya.

"Saya, Donald John Trump, bersumpah dengan sungguh-sungguh bahwa saya akan dengan teguh menjalankan tugas sebagai Presiden Amerika Serikat, dan akan dengan kemampuan terbaik saya, menjaga, melindungi dan mempertahankan Konstitusi Amerika Serikat. Tuhan, tolong saya," demikian bunyi sumpah yang diucapkan Trump.

Dengan demikian, Trump resmi menjabat Presiden AS. Trump melambaikan tangan ke arah warga AS yang hadir dan mengucapkan 'Terima kasih' berulang kali. Teriakan 'Trump' membahana.

Sebelum Trump, Mike Pence mendapat giliran pertama dilantik menjadi Wakil Presiden AS. Hakim Mahkamah Agung Clarence Thomas memimpin pembacaan sumpah jabatannya.

"Saya, Michael Richard Pence, bersumpah dengan sungguh-sungguh, saya akan mendukung dan mempertahankan konstitusi AS, melawan seluruh musuh, baik asing maupun domestik," demikian bunyi sumpah yang dibacakan Hakim Thomas kemudian diulangi oleh Pence.

Setelah membaca sumpah jabatan, Pence resmi menjadi Wapres AS. Pence kemudian memeluk istrinya, Karen.***

Editor:hasan b
Sumber:detik.com
Kategori:GoNews Group, Peristiwa
wwwwwwhttps://143.198.234.52/sonic77https://159.223.193.153/https://64.23.207.118/http://152.42.220.57/