Home  /  Berita  /  GoNews Group

Gempa Deli Serdang Rusak Landasan Pacu Bandara Kualanamu

Gempa Deli Serdang Rusak Landasan Pacu Bandara Kualanamu
Bandara Internasional Kualanamu. (int)
Senin, 16 Januari 2017 22:26 WIB
MEDAN - Gempa bumi 5,6 skala Richter yang mengguncang Deli Serdang, Sumatera Utara, Senin (16/1/2017) malam, menyebabkan terjadinya kerusakan minor pada run way (landasan pacu) di Bandara Internasional Kualanamu.

“Kondisi run way 05 Bandara Kualanamu pasca gempa dilaporkan mengalami lendutan permukaan di marka designation runway 05, dekat threshold runway 05,”kata Wisnu Budi Setianto, Branch Communication and Legal Manager PT Angkasa Pura II Bandara Kualanamu.

Wisnu menambahkan, kerusakan yang terjadi di landasan pacu bandara tersebut tidak sampai mengganggu penerbangan dari dan menuju Bandara Kualanamu.

“Saat ini Unit Tehnik Landasan sedang melakukan inspeksi dan pengukuran untuk menentukan declared distance. Untuk sementara takeoff dan landing menggunakan run way 23,” tukasnya.

Rumah dan Mobil Rusak

Sementara itu, sebuah rumah di Desa Ujung Payung, Kecamatan Payung, Kabupaten Karo, Sumatera Utara, mengalami kerusakan berat pasca gempa yang terjadi di Kabupaten Deli Serdang, Sumatera Utara pada Senin malam.

Gempa memang terasa cukup kuat di daerah itu, meski berjarak sekitar 28 kilometer dari pusat gempa yang berada di Kabupaten Deli Serdang.

“Gempanya kuat sekali di sini. Satu rumah rusak di bagian plafon dan dinding atapnya. Pemilik rumahnya atas nama Rinaldi Ginting,” ujar Simon Zomora, Kepala Desa Ujung Payung.

Tak hanya rumah, satu unit mobil Toyota Kijang berwarna hijau milik warga bernama Lopiga Sembiring juga rusak berat. Hal tersebut lantaran tertimpa reruntuhan rumah milik Rinaldi Ginting.

“Jadi reruntuhan rumah itu jatuh ke rumah sebelahnya yang kebetulan ada mobil terparkir. Mobil juga rusak berat di bagian depannya,” sambungnya.

Secara keseluruhan kata Simon, kondisi di Desa Ujung Payung sudah kembali normal. Namun kekhawatiran masih menyelimuti warga, karena listrik di kawasan itu masih padam.

“Sudah mulai tenang disini, tapi masih ada juga rasa gelisah, karena listrik masih padam,” tandasnya.***

Editor:hasan b
Sumber:okezone.com
Kategori:GoNews Group, Peristiwa

wwwwww