Loading...

Pesisir Selatan Buka Pendaftaran Calon Pimpinan BAZNAS, Anda Berminat?

Pesisir Selatan Buka Pendaftaran Calon Pimpinan BAZNAS, Anda Berminat?
Rabu, 11 Januari 2017 00:00 WIB

PAINAN - Kepengurusan Badan Amil Zakat Nasional (BAZNAS) Kabupaten Pesisir Selatan segera akan diganti. Dan untuk itulah telah dibentuknya Tim Seleksi pimpinan BAZNAS guna menjaring calon pimpinan BAZNAS masa bakti 2016-2021. Tim seleksi ini terbentuk dikarenakan terbitnya Undang- undang Nomor 23 Tahun 2011 Tentang Pengelolaan Zakat dan Peraturan Pemerintah Nomor 14 Tahun 2014 tentang Pelaksanaan Undang-Undang Pengelolaan Zakat merupakan, dimana langkah awal menuju perubahan struktur organisasi BAZNAS di semua tingkatannya. 

Jika selama ini, organisasi BAZNAS di berbagai daerah digerakkan oleh para pengurus dari unsur pemerintah (pegawai negeri), di samping unsur ulama dan tokoh masyarakat, maka ke depan dalam organisasi BAZNAS di daerah yang lebih dominan adalah unsur masyarakat.

Ketua Timsel Calon Pimpinan BAZNAS Pessel Eva Fauza Yulisman didampingi Kabag Kesra Sekdakab Pessel Syamsiwal mengungkapkan selama ini Organisasi BAZNAS identik dengan amil zakat "plat merah", pasca diberlakukannya PP akan mengalami transformasi. Struktur organisasi BAZNAS di daerah akan diisi seluruhnya oleh unsur masyarakat dengan tidak menutup peluang bagi pegawai negeri yang diperbantukan pada struktur pelaksana.

Untuk itulah dibuka pendaftaran calon pimpinan BAZNAS Pessel yang dibuka pendaftarannya dari 23 -29 Maret mendatang, Pemohon bisa langsung mendaftarkan diri ke BAgian Kesra Sekdakab Pessel selama jam kerja.

"Calon pimpinan' itu nantinya akan dilakukan seleksi secara administrasi,seleksi tertulis (Uji Kompetensi) dan presentasi,jadi bagi masyarakat yang memiliki kemampuan untuk menjadi pimpinan BAZNAS Pessel bisa mendaftarkan diri ke Bagian Kesra Sekdakab Pessel," ujarnya dilansir dari pesisirselatankab.go.id, Rabu (23/3/2016).

Dijelaskannya, Pimpinan BAZNAS Pessel hendaknya memiliki integritas yang tinggi,karena kedepannya tantangan dalam pengelolaan zakat semakin komplek.Apalagi setiap tahunnya dana yang berada di BAZNAS telah disalurkan untuk berbagai kegiatan sosial kemasyarakatan. Sebagaimana tertuang dalam Undang-Undang Nomor 23 Tahun 2011 yang mengatur pengelolaan zakat, menghendaki pengelolaan zakat yang dilakukan oleh BAZNAS dan LAZ, sesuai asas syariat Islam, amanah, kemanfaatan, keadilan, kepastian hukum, terintegrasi dan akuntabilitas, akan bermuara pada tumbuh dan terpeliharanya kepercayaan masyarakat serta meningkatnya manfaat zakat untuk peningkatan kesejahteraan umat dan penanggulangan kemiskinan.

"Pengelolaan zakat yang dilakukan secara amanah dan profesional menunjukkan kepada kita betapa peran zakat sebagai solusi masalah keumatan bukan hanya sebuah wacana dan apologi, tapi sebuah kenyataan," ungkapnya

Seperti diketahui setiap tahunnya BAZNAS Pessel telah menyalurkan bantuan berupa bedah rumah dengan nilai Rp 15 juta per unit,bantuan terhadap kepala Kelurga ( KK) yang terkena bencana alam dengan bantuan mencapai Rp 10 Juta per KK, bantuan pendidikan terhadap mahasiswa, bantuan berobat terhadap 65 orang pakir miskin .

Eva Fauza menambahkan dana Baznas Pessel yang berasal dari zakat para PNS di lingkungan Pemerintah Daerah Pessel akan disalurkan kepada mereka yang membutuhkan antara lain, pakir miskin, para korban bencana alam, kemudian membantu masyarakat kurang mampu, terutama bagi mereka yang dalam menjalani proses pendidikan dikalangan masyarakat kurang mampu di daerah ini

Dengan adanya bantuan tersebut, setidaknya mampu meringankan beban masyarakat, apalagi di daerah ini masih banyak dikalangan masyarakat yang tergolong miskin yang membutuhkan bantuan, terutama bagi mereka yang memiliki rumah tak layak huni artinya, rumah yang beratap daun rumbio, dinding rumah papan sibiran dan berlantai tanah perlu dilakukan bedah rumah menjadi rumah layak huni.

Setiap masyarakat yang akan mendapat bantuan akan dilakukan survay kelapangan, guna menentukan layak atau tidaknya mereka memafaatkan fasilitas Baznas Pessel, bantuan yang akan dialokasikan harus tepat sasaran artinya masyarakat yang hidupnya dibawah standar. (***)

Editor : Calva
Sumber : Pesisirselatankab.go.id
Kategori : Pesisir Selatan, GoNews Group, Umum

Loading...
www www