Home  /  Berita  /  Pemerintahan

Kelurahan Pakan Labuah Bukittinggi Pemenang Lomba Memasak Rendang di Makodim 0304 Agam

Kelurahan Pakan Labuah Bukittinggi Pemenang Lomba Memasak Rendang di Makodim 0304 Agam
Rangkaian lomba memasak warisan budaya Minangkabau Rendang di Makodim 0304 Agam yang disuport penuh oleh Dandim 0304 Agam, Letkol Kav Salim Kurniawan Dewantara, Senin 9 Januari 2017.
Senin, 09 Januari 2017 22:12 WIB
Penulis: Jontra
BUKITTINGGI- Guna terus mengingat warisan budaya kuliner dan promosi Rendang sebagai makanan ciri khas Ranah Minang, puluhan ibu - ibu yang berasal dari berbagai kelurahan di Kota Bukittinggi mengikuti lomba memasak Rendang di Makodim 0304 Agam, Senin 9 Januari 2017 sekira pukul 09.00 WIB.

"Ajang ini juga sebagai salah satu cara untuk pelestarian dan promosi kuliner asli Minangkabau. Meskipun, Rendang sudah ditetapkan sebagai masakan terlezat di dunia, berdasarkan Survei CNN. Namun, upaya menciptakan kecintaan terhadap kuliner warisan budaya Ranah Minang yang sudah menjadi makanan terlezat di dunia tersebut harus tetap dijaga dengan intens menggelar kegiatan seperti ini," ungkap Dandim 0304 Agam, Letkol Kav Salim Kurniawan Dewantara yang sangat mensupport berlangsungnya kegiatan perlombaan tersebut.

Dikatakan juga oleh Salim Kurniawan Dewantara, agenda lomba masak Rendang ini terselenggara karena dukungan penuh oleh Pemerintah Kota Bukittinggi. Buktinya, agenda ini ikut dimasukkan dalam menyambut Hari Jadi Kota Bukittinggi ke 232 pada bulan Desember 2016 yang lalu, sebutnya.

Saya juga berencana, akan mengelola dan menjadikan masakan Rendang ini sebagai industri yang mampu membuat kita menghidupkan sentra ekonomi dan juga mampu menambah pendapatan daerah, khususnya di wilayah Bukittinggi dan Agam, ungkapnya.

"Kita akan kelola secara profesional masakan ciri khas warisan Budaya Nusantara yang berada di Minangkabau ini. Apalagi, sebagai kota pariwisata kita akan berupaya memikat para pengunjung yang hadir dengan kuliner buatan daerah ini, terang sang Dandim.

Saat mengumumkan pemenang lomba, Dewan Juri yang diwakili oleh Ketua Ikatan Chief Asosiation ( ICA) Bukittinggi Yelwadrison juga mengatakan, kategori penilaian dalam perlombaannya meliputi, tekstur daging Rendang, rasa Rendang, warna Rendang, ungkapnya.

Akhirnya keputusan dewan Juri yang terdiri dari Guru Tata Boga SMKN 2 Bukittinggi, Yesi Yuliska Sari, Bundo Kanduang yamg diwakili oleh Hj Efni dan Ketua ICA Bukittinggi Yelwadrison mengumumkan Juara 1 Lomba memasak Rendang dimenangkan oleh Kelurahan Pakan Labuah, sementara tempat kedua disusul oleh Kelurahan Koto Salayan dan di tempat ketiga diraih oleh Kelurahan Benteng Pasar Atas.

Perlombaan memasak Rendang ini kemudian diakhiri dengan makan siang bersama seluruh anggota dan Perwira yang ada di jajaran Kodim 0304 Agam serta Stake Holders terkait dan para Sahabat Kodim. (**)

wwwwwwhttps://143.198.234.52/sonic77https://159.223.193.153/https://64.23.207.118/http://152.42.220.57/