Home  /  Berita  /  GoNews Group

Menaker Sidak TKA China, Wakil Ketua Komisi IX: Kita Apresiasi, Harus Ada Kelanjutan Supaya Tidak Sekedar 'Padamkan Lilin'

Menaker Sidak TKA China, Wakil Ketua Komisi IX: Kita Apresiasi, Harus Ada Kelanjutan Supaya Tidak Sekedar Padamkan Lilin
Menteri Hanif saat Sidak di Jawa Barat. (istimewa)
Jum'at, 30 Desember 2016 13:05 WIB
Penulis: Muslikhin Effendy
JAKARTA - Terkait Sidak yang dilakukan Menaker Hanif Dakiri, Wakil Ketua Komisi IX DPR mengaku apresiasi. Namun demikian kata dia, dari hasil Sidak tersebut membuktikan bahwa memang ada masalah TKA di Indonesia.

Masalah tersebut tidak hanya terkait izin masuk, tetapi termasuk penyalahgunaan dokumen. "Jadi tidak perlu disangkal lagi. Yang penting mencari solusi dan jalan keluar," ujar Saleh Daulay saat dimintai tanggapannya, Jumat (30/12/2016).

Sidak seperti ini katanya, sangat penting dilakukan, tdak hanya pada saat isunya mencuat, tetapi harus dilakukan secara reguler dan berkala. "Aparat Penyidik PNS perlu melakukan koordinasi agar sidak seperti ini dapat berjalan lebih efektif," paparnya.

"Mudah-mudahan sidak yang dilakukan ini bukan hanya sekedar memadamkan lilin. Tetapi sudah menjadi program besar kemenaker. Saya kira, semua pihak akan mendukung langkah tersebut," tegasnya.

Komisi IX DPR kata dia, saat ini masih tetap menunggu tindak lanjut lain dari hasil panja pengawasan TKA ilegal. Selain meningkatkan pengawasan, masih ada beberapa rekomendasi lain yang diminta untuk dilaksanakan. Terutama bagaimana menjatuhkan tindakan tegas kepada para TKA ilegal yang melanggar peraturan yang ada.

"Kemarin waktu sidak, menaker kan menemukan adanya pelanhgaran. Mestinya, itu ditindak tegas. Kalau perlu, tindakan dalam bentuk projustisia. Ini penting agar mereka tidak mengulangi lagi," papar dia. ***

wwwwwwhttps://143.198.234.52/sonic77https://159.223.193.153/https://64.23.207.118/http://152.42.220.57/