Home  /  Berita  /  Umum

Hari Ini, Dandim 0304 Agam Membuka Apel Danramil dan Babinsa Tersebar TA 2016

Hari Ini, Dandim 0304 Agam Membuka Apel Danramil dan Babinsa Tersebar TA 2016
Dandim 0304 Agam, Letkol Kav Salim Kurniawan Dewantara S.H, S.E saat membuka kegiatan Apel Danramil dan Babinsa Tersebar TA 2016 di Aula Makodim 0304 Agam, Selasa 21 Desember 2016. ( foto, Budi Saputra)
Rabu, 21 Desember 2016 21:04 WIB
Penulis: Jontra
BUKITTINGGI - Komanda Kodim (Dandim) 0304/Agam Letkol Kav Salim Kurniawan Dewantara S.H, S.E membuka kegiatan agenda nasional Apel Danramil dan Babinsa Kodim 0304/AGAM TA. 2016, di Aula Makodim, jalan Urip Sumoharjo, Bukittinggi, Rabu 21 Desember 2016 sekira pukul 08.00 WIB.

Kegiatan Apel ini menurut rencana akan dilaksanakan selama dua hari dan diikuti oleh 13 Koramil yang ada di wilayah Kodim 03/04 Agam. Seluruh Danramil dan para Babinsa jajaran Kodim 0304/Agam ikut berpartisipasi dalam kegiatan ini, total peserta dalam kegiatan ini sebanyak 70 orang.

Kegiatan Apel ini diisi dengan Pembekalan dari Dandim 0304/Agam menindak lanjuti hasil Apel Dansat di Bandung dan Bogor beberapa waktu lalu. Selanjutnya kegiatan ini juga diisi oleh materi pembekalan dari Polres Bukittinggi dan materi pembekalan dari BPBD Agam.

Tema kegiatan kali ini “Melalui Apel Danramil dan Babinsa tersebar tahun 2016 kita tingkatkan Pembinaan Teritorial sebagai fungsi utama TNI AD guna mewujudkan Rak Juang yang tangguh serta memantapkan menunggalnya TNI dan rakyat dalam rangka mendukung tugas pokok TNI AD”. Dandim dalam amanatnya mengatakan Apel Danramil dan Babinsa tersebar Kodim 0304/Agam merupakan bentuk penjabaran dari program kerja dan anggaran Korem 032/Wirabraja TA. 2016.

Kegiatan ini bertujuan agar aparat komando kewilayahan setingkat Danramil dan Babinsa dapat memahami, menjabarkan, melaksanakan dan mensosialisasikan pembinaan Teritorial yang akan kita aplikasikan sesuai dengan situasi dan kondisi saat ini. "Selain itu, sebagai sarana untuk meningkatkan kemampuan dan menyamakan visi, persepsi serta interpretasi dalam menyikapi permasalahan yang timbul di lapangan dalam pelaksanaan tugas pokok kita sebagai prajurit TNI," ungkap Letkol Kav Salim Kurniawan Dewantara.

Selain itu, agenda ini untuk meningkatkan pengetahuan dan keterampilan bidang Teritorial juga untuk memberikan penyegaran, mengevaluasi dan menganalisa serta mengkaji tugas yang telah dilaksanakan. Mencermati perkembangan situasi keamanan dalam negeri saat ini, dengan kecenderungan berbagai komponen masyarakat memaksakan kehendak relatif tinggi yang memberikan peluang timbulnya konflik di tengah - tengah masyarakat, kita sebagai Prajurit TNI harus mampu mencermati situasi dan segera meredamnya agar tidak menimbulkan konflik yang lebih besar.

"Tentu saja, kecenderungan tersebut menuntut para Danramil dan Babinsa harus mampu mengantisipasi dan mengatasi situasi yang berkembang terutama saat akan menghadapi pengamanan Natal dan Tahun Baru, selain itu untuk mengantisipasi peningkatan aktifitas Masyarakat yang bisa menimbulkan gesekan serta mengakibatkan gangguan keamanan dan ketertiban, "terang Salim Kurniawan Dewantara.

“Menyikapi persoalan itu, kita harus lebih waspada dan lebih teliti dalam menjalankan tugas. Salah satunya adalah dengan selalu mengoptimalkan peran fungsi intelijen. Kita mesti menempatkan personil pada titik rawan dan selalu meningkatkan kewaspadaaan dengan patroli keliling dan lakukan monitoring setiap kegiatan yang dilakukan terutama diakhir tahun jelang pelaksanaan hari raya Natal dan Tahun Baru 2017, yang bisa saja ditunggangi oleh pihak - pihak yang ingin mengganggu ketenteraman situasi ini. Kita juga akan meningkatkan kewaspadaan dan ketanggapan kita untuk membantu dalam program kemanusiaan. Karena kita tahu, daerah Agam adalah termasuk zona merah dan rawan terhadap terjadinya bencana alam. Jika menghadapi situasi genting seperti Force Majeur (Bencana Alam), para prajurit TNI di jajaran Kodim 0304 Agam harus segera turun untuk membantu masyarakat, karena kita adalah perpanjangan tangan masyarakat dalam memelihara situasi dan kondisi keamanan dan ketertiban di NKRI yang kita cintai ini, tegas Salim Kurniawan Dewantara.(**)

Kategori:Bukittinggi, Agam, Umum
GoSumbar.com Alasan Kesehatan, Gubernur Sumbar Batal Divaksin Hari Ini
GoSumbar.com Usai Keliling Naik Ontel, UAS Berikan Tausiyah di Masjid Tawakkal Magek Agam
GoSumbar.com Waspadai Klaster Penjara, LP Kelas II A Bukittinggi Terapkan Prokes Bagi Warga Binaan
GoSumbar.com Hasil Real Count, Pilkada Bukittinggi 2020 Dimenangkan Pasangan Erman Safar - Marfendi
GoSumbar.com Gugatan Ditolak di PTUN Padang, Kuasa Hukum Ninik Mamak 40 Nagari Agam Tuo Ajukan Banding
GoSumbar.com Himbau Patuhi Prokes, Indra Catri Bagikan Masker untuk Pedagang dan Pembeli di Pasar Lasi Agam
GoSumbar.com Jasad Lelaki Tanpa Identitas Ditemukan Membusuk di Areal Terminal Tipe C Pasar Banto Bukittinggi
GoSumbar.com Covid - 19 Belum Mereda, Debat Paslon Pilkada Bukittinggi 2020 Tetap Utamakan Prokes
GoSumbar.com APK Dicopot, Ratusan Pendukung Cawako Erman Safar - Marfendi Datangi Bawaslu Bukittinggi
GoSumbar.com Total 4 Orang, Polisi Kembali Tetapkan Dua Tersangka Lagi dalam Kasus Pengeroyokan Anggota TNI di Bukittinggi
GoSumbar.com Pengelola Tempat Wisata di Sumbar Diimbau Waspadai Klaster Liburan
GoSumbar.com Kemenkes RI dan Komisi IX DPR - RI juga Imbau Warga Bukittinggi Terapkan Perda AKB
GoSumbar.com Kapolres Bukittinggi: Libur Bersama, Waspadai Klaster Baru Penyebaran Covid - 19
GoSumbar.com Selama 4 Bulan Berdagang di Masa Pandemi Covid - 19, Penyewa Toko Pasa Ateh Bukittinggi Masih Minim Pembeli
GoSumbar.com Hari Ini, 524 Orang Pasien Covid - 19 di Sumbar Dinyatakan Sembuh
GoSumbar.com Kawal Perda Provinsi Sumbar No 6 Tahun 2020, Tim Panangkok Siap Tertibkan Pelanggar Protokeler Covid - 19
GoSumbar.com Minus Satu Paslon, KPU Bukittinggi Gelar Deklarasi Kampanye Damai
GoSumbar.com Komisi Informasi Sumbar Lakukan Penilaian Informasi Publik di Bukittinggi
wwwwww