Home  /  Berita  /  Pemerintahan

Berdayakan SDA, Pemkab Pasbar Genjot Pokdarwis untuk Berinovasi di Bidang Pariwisata

Berdayakan SDA, Pemkab Pasbar Genjot Pokdarwis untuk Berinovasi di Bidang Pariwisata
Kepala Dinas Kebudayaan dan Pariwisata Pasbar, Armen SH bersama  para kelompok sadar wisata (Pokdawis) yang tengah mengikuti pelatihan sadar wisata yang dilaksanakan oleh Dinas Kebudayaan dan Pariwisata Pasbar. (Ronny Ano).
Kamis, 15 Desember 2016 18:18 WIB
Penulis: Ronny Ano
Pasaman Barat - Pemerintah Kabupaten Pasaman Barat (Pasbar) melalui Dinas Kebudayaan dan Pariwisata tak henti-hentinya menggelar sosialisasi dan memberdayakan seluruh potensi sumberdaya khususnya dalam aspek kepariwisataan di Pasbar.

Bupati Pasbar Drs H Syahiran melalui Kepala Dinas Kebudayaan dan Pariwisata Pasbar, Armen SH didampingi Kasi Pembinaan Pariwisata, Robianto S.Pd mengatakan, pihaknya telah melaksanakan pelatihan dan pembinaan agar mampu berinovasi mengembangkan Sumber Daya Alam (SDA) di Pasbar kepada Kelompok Sadar Wisata (Pokdarwis) yang ada di Pasbar selama satu minggu penuh.

Peserta  pelatihan terebit terdiri dari Pokdarwis yang  ada di Pasbar diantaranya Kelompok Karang Taruna Kajai, Kelompok Bukit Indah Tombang, Kelompok Rumah Gadang Talu, Kelompok Cipagogo Ujung Gading, Kelompok Bahari Muaro Sasak, Kelompok Muaro Air Bangis dan komunitas wisata lainnya.

“Dengan adanya pelatihan ini Pokdarwis diharapkan dapat menyerap materi yang diberikan oleh beberapa Narasumber berkompeten yang didatangkan dari Sekolah Tinggi Pariwisata Bandung , Asita Sumbar , Pol Air Polres Pasbar dan Dinas kebudayaan dan Pariwista setempat, “ujar  Armen.

Dijelaskannya, tujuan pelatihan itu gunanya untuk menciptakan sapta pesona yakni meliputi rasa aman, nyaman, tertib, indah, bersih kepada para pengunjung  wisata baik pengunjung lokal maupun manca negara.

Disamping itu pihaknya juga mengingatkan dan mengajak para peserta dapat berpartisipasi aktif dalam meningkatkan sektor kepariwisataan. Bagaimanapun, keterlibatan seluruh komponen masyarakat dapat berdampak pada suksesnya kita mendorong kejayaan pariwisata  di Pasbar, ungkapnya.

“Begitu juga promosi sektor pariwisata sangat penting, namun harus didukung dengan kesadaran kita menjaga lingkungan, artinya harus sadar bahwa sektor pariwisata ini penting. Pariwisata merupakan tanggung jawab kita bersama, teruslah kita wujudkan konsep pariwisata berkelanjutan demi terciptanya sapta pesona Pasbar,” harap  mantan Kabag Humas itu.

Lebih jauh Armen menyebutkan, untuk meningkatkan peran aktif warga dalam mendukung program kepariwisataan dapat diperoleh melalui penanaman kesadaran masyarakat akan arti penting pengembangan kepariwisataan. Dengan program sadar wisata diharapkan dapat mewujudkan masyarakat yang sadar wisata.

Masyarakat yang sadar wisata  akan dapat memahami dan mengaktualisasikan nilai-nilai penting yang terkandung dalam Sapta Pesona pariwisata. Kelompok sadar wisata merupakan salah satu komponen dalam masyarakat yang memiliki peran dan kontribusi penting dalam pengembangan kepariwisataan di Pasbar.

“Keberadaan Pokdarwis tersebut perlu terus dibina sehingga dapat berperan lebih efektif dalam menggerakkan partisipasi masyarakat. Dengan Pokdarwis dapat mewujudkan lingkungan dan suasana yang kondusif bagi tumbuh dan berkembangnya kegiatan kepariwisataan di sekitar destinasi pariwisata yang ada di Pasbar, “pungkasnya. (RA)

Editor:Jontra
Kategori:Pasaman Barat, Pemerintahan
wwwwww