Home  /  Berita  /  Peristiwa

Bantu Korban Gempa, Semen Padang Kirim 16 Relawan ke Aceh

Bantu Korban Gempa, Semen Padang Kirim 16 Relawan ke Aceh
Ilustrasi. (BMKG)
Jum'at, 09 Desember 2016 00:20 WIB
PADANG - PT Semen Padang mengirim 16 relawan dari karyawan perusahaannya untuk melakukan misi kemanusiaan di Pidie Jaya, Aceh, membantu penanganan korban gempa.

"Pengiriman tim ini merupakan tahap kedua sebelumnya pada Rabu (7/12) juga telah dikirim tim pendahulu untuk melakukan peninjauan lapangan di lokasi bencana gempa, kata Direktur Utama PT Semen Padang Benny Wendry saat melepas 16 relawan itu di Padang, Kamis (08/12/2016).

Menurut dia, pengiriman relawan merupakan bentuk partisipasi Semen Padang dalam penanggulangan bencana gempa di Pidie Jaya.

"Mudah-mudahan apa yang kami lakukan dapat meringankan beban korban," kata Benny.

Ia mengatakan tim yang berangkat ke Aceh melewati jalur darat dan Paling lambat Sabtu (10/12), sudah sampai di lokasi bencana.

Benny menyebutkan tim terdiri atas anggota reaksi cepat tenaga medis yang berasal dari Semen Padang Hospital satu dokter, dua perawat dan satu apoteker.

Hingga saat ini belum bisa memastikan berapa lama tim akan membantu di lapangan karena tergantung kebutuhan, kata dia.

Sementara Wakil Koordinator Tim Reaksi Cepat Semen Padang , Edi Fahrizal mengatakan selain mengirim relawan, pihaknya juga mengirim logistik berupa satu unit tenda pleton dan dua unit tenda posko untuk menampung korban gempa.

Kemudian, juga dikirim peralatan berupa genset beserta penerangan sebanyak dua unit, serta radio rig, power supply, antene, dan velt bed sebanyak delapan unit.

"Selain itu, kami juga akan mengirim pakaian layak pakai. Namun untuk jumlahnya belum bisa dipastikan, karena tim pendahulu yang berangkat tengah melakukan pendataan terhadap korban gempa," ujar dia.

Ia mengatakan tim pertama sudah menyerahkan bantuan di posko pengungsi Masjid Istiqomah Meareudu, Kecamatan Meureudu, Pidie Jaya.

Bantuan yang diserahkan berupa keperluan sehari-hari yaitu lima ribu liter air bersih, 200 kilogram beras, 30 dus mie instan, dan 5 dus air mineral.

Penyerahan itu dilakukan Kepala Departemen Indarung V Daconi didampingi Kepala Bidang Penjualan Semen Padang Wilayah Aceh, Trisno Afandi.

Ia mengatakan di lokasi tersebut berdiam sekitar dua ribu pengungsi dan terus bertambah karena adanya gempa susulan yang menginap di tenda dan dalam masjid.

Sementara Koordinator Tim Reaksi Cepat (TRC) Semen Padang Kiki Warlansyah yang sudah berada di Aceh mengatakan Semen Padang akan terus memberikan bantuan untuk korban gempa Aceh.

"Sore ini kami masih melanjutkan peninjauan untuk pemberian bantuan lainnya, khususnya pasokan air bersih," ujarnya. ***

Editor:Muslikhin Effendy
Sumber:antara sumbar.
Kategori:Sumatera Barat, Peristiwa, Umum
wwwwwwhttps://143.198.234.52/sonic77https://159.223.193.153/https://64.23.207.118/http://152.42.220.57/