Home  /  Berita  /  GoNews Group

Hari Ini, Ratusan Peserta Aksi Bela Islam 212 Asal Bukittinggi dan Agam Bertolak ke Ibukota Jakarta

Hari Ini, Ratusan Peserta Aksi Bela Islam 212 Asal Bukittinggi dan Agam Bertolak ke Ibukota Jakarta
Ratusan warga Bukittinggi dan Agam yang akan berangkat dalam Aksi Bela Islam tanggal 2 Desember mendatang di Jakarta sebelum berangkat, Selasa 29 November 2016. (courtesy DK)
Selasa, 29 November 2016 13:34 WIB
Penulis: Jontra
BUKITTINGGI - Tercatat ratusan orang peserta Aksi 212 (Aksi Bela Islam 2 Desember 2016) asal Bukittinggi dan Agam berangkat dari Kota Bukittinggi menuju ibukota Jakarta sekitar pukul 10.40 WIB, Selasa 29 November 2016.

Para peserta aksi itu berangkat menggunakan sembilan bus yang berjalan beriringan. Masing-masing bus, dipimpin oleh seorang koordinator yang akan bertanggunggjawab terhadap anggota rombongan dalam bus tersebut.

Pantauan GoSumbar, seluruh bus yang berangkat itu telah terisi penuh. Jika masing-masing bus berkapasitas 45 orang, maka para peserta yang berangkat menggunakan bus itu diperkirakan berjumlah sebanyak 450 orang.

Namun, ini bukan menunjukkan jumlah total peserta aksi asal Bukittinggi dan Agam yang berangkat ke Jakarta, karena masih banyak lagi peserta yang berangkat menggunakan mobil pribadi dan pesawat udara.

Sebelum berangkat, para peserta aksi ini berkumpul di Masjid Nurul Ikhlas Komplek Pasar Sayur Simpang Aur Kuning Bukittinggi. Di kawasan Masjid ini para peserta diberi pengarahan dan diberi kain merah putih yang dibentuk seperti dasi, sebagai identitas rombongan agar saling mengenali disaat aksi 212 itu dilaksanakan.

Tak hanya itu, masing-masing bus juga terlihat mengangkut sejumlah makanan dan minuman, seperti air mineral, berbagai makanan untuk cemilan selama diperjalanan, serta makanan lainnya yang terbungkus rapi dalam puluhan kardus di bagasi bus tersebut.

Jika tak ada aral melintang, diperkirakan rombongan ini akan tiba di ibukota Jakarta pada Kamis 1 Desember 2016, dan akan kembali ke Bukittinggi pada 5 Desember 2016.

Rombongan aksi ini tak hanya dilepas oleh sanak dan anggota keluarga mereka saja, tapi keberangkatan rombongan peserta aksi 212 juga dilepas oleh sejumlah pedagang di PasatAur Kuning Bukittinggi serta beberapa masyarakat setempat.

Layaknya seperti pergi ke kota suci Makkah, suasana haru mulai muncul saat teriakan Takbir menggema sebelum keberangkatan mereka. Dengan mata berkaca-kaca, para anggota rombongan yang telah berada dalam bus melambaikan tangan ke arah masyarakat yang melepasnya.

Terlihat bukan hanya para anggota rombongan yang mau berangkat saja yang memakai atribut, namun beberapa masyarakat yang melepas keberangkatan rombongan juga tampak menggunakan beberapa atribut, seperti ikat kepala berwarna merah putih.

Banyak juga warga yang melepas rombongan ini mengabadikan momen keberangkatan ini dengan cara memotret dan merekam dengan video menggunakan kamera handphone mereka masing - masing.

Terlihat juga ratusan anggota rombongan yang telah berada dalam bus, ikut ke luar mobil lagi sekadar untuk berfoto-foto bersama masyarakat sebelum keberangkatan mereka dan rombongan ke Jakarta. (**)

wwwwwwhttps://green.radenintan.ac.id/max/https://bkpsdm.tanahlautkab.go.id/galaxy/https://143.198.234.52/sonic77