Home  /  Berita  /  GoNews Group

DPRD Padang Desak DPU Serius Atasi Persoalan Penerangan Jalan Umum

Minggu, 27 November 2016 12:22 WIB
Penulis: Agib Noerman
dprd-padang-desak-dpu-serius-atasi-persoalan-penerangan-jalan-umum

Padang - DPRD Padang meminta Dinas Pekerjaan Umum (PU) serius memperhatikan kelayakan lampu Penerangan Jalan Umum (PJU) di Kota Padang. Masalahnya, PJU di sejumlah ruas jalan terlihat rusak dan tidak terawat. Kondisi ini dilkeluhkan masyarakat dan berpotensi menimbulkan kriminilitas. 

Anggota Komisi III DPRD Padang, Iswanto Kwara menyebut perawatan PJU memang dilakukan dinas terkait namun hal itu dilakukan hanya apabila ada kegiatan iven-iven besar. Salah satunya saat ini dikawasan jembatan Siti Nurbaya. Memang saat ini sudah terlihat lampu- lampu di jembatan tersebut sudah hidup kembali.

"Perawatan JPU berlangsung terus menerus karena ini menyangku hidup orang banyak. Perlu diingat, kalau JPU tidak terawat dan tidak ada akan mengundang kriminalitas," tegas politisi PDIP ini ketika dihubungi GoSumbar, Minggu (27/11/2016).

Terpisah, Ketua Komisi III Helmi Moesim mengakui perawatan JPU belum maksimal. Menurut politisi Golkar ini, kalau DPU memang serius mengelola JPU, kan ada dana yang dikutip dari pembayaran listrik maka dana tersebut bisa dipakai untuk perawatan.

"Selama ini kita tidak tahu dana yang dikutip lewat pembayaran listrik ini dipergunakan untuk apa," ungkap Helmi Moesim.

Sementara Ketua DPRD Padang, Erisman mengatakan PJU merupakan hak masyarakat dan mesti dipenuhi oleh pemerintah kota karena telah dipungut (PPJ). Jangan sampai kewajiban masyarakat ditagih sementara hak mereka terkesan terabaikan.

"Selain itu, untuk menjaga PJU yang sudah ada, masyarakat diminta untuk tidak mempreteli kabel-kabel lampu. Kami mengharapkan masyarakat sama-sama menjaganya," kata Erisman. (agb)

wwwwwwhttps://143.198.234.52/sonic77https://159.223.193.153/https://64.23.207.118/http://152.42.220.57/