Terpopuler 24 Jam Terakhir
1
Lawan Korsel, Rizky Ridho Siap Jalankan Instruksi Demi Capai Target ke Paris
Sepakbola
24 jam yang lalu
Lawan Korsel, Rizky Ridho Siap Jalankan Instruksi Demi Capai Target ke Paris
2
Arval Raziel dan Ricky Dhisulimah Ikut Kualifikasi Olimpiade di UEA 
Olahraga
24 jam yang lalu
Arval Raziel dan Ricky Dhisulimah Ikut Kualifikasi Olimpiade di UEA 
3
Katy Perry Tampil Memukau di Video Lip Sync Lagu Sabrina Carpenter 'Espresso'
Umum
23 jam yang lalu
Katy Perry Tampil Memukau di Video Lip Sync Lagu Sabrina Carpenter Espresso
4
Nicholas Saputra Soroti Peran Penting Anak Muda Diakui Sebagai Agen Perubahan
Umum
23 jam yang lalu
Nicholas Saputra Soroti Peran Penting Anak Muda Diakui Sebagai Agen Perubahan
5
Boy Pohan Berebut Tiket Wasit/Juri Tinju Olimpiade 2024 Paris
Olahraga
10 jam yang lalu
Boy Pohan Berebut Tiket Wasit/Juri Tinju Olimpiade 2024 Paris
https://143.198.234.52/sonic77https://159.223.193.153/https://64.23.207.118/http://152.42.220.57/
Home  /  Berita  /  Umum

Sempena Hari Guru, Ini Kenangan dan Harapan Ketua Umum Setya Novanto

Sempena Hari Guru, Ini Kenangan dan Harapan Ketua Umum Setya Novanto
Ilustrasi. (net)
Jum'at, 25 November 2016 13:18 WIB
Penulis: Muslikhin Effendy
JAKARTA - Hari ini semua masyarakat khususnya para tenaga pengajar, sama-sama memperingati Hari Guru. Memperingati Hari Guru bukan sekedar mengenang jasa-jasa pengabdian dan dedikasi para guru, namun juga meneladani sikap mereka yang begitu tulus dan ikhlas dalam mencetak generasi terbaik untuk bangsa dan negara.

Hal itu diungkapkan Ketua Umum Partai Golkar, Setya Novanto kepada GoNews.co melalui pesan tertulisnya, Jumat (25/11/2016) siang.

"Teladan dan ketulusan itulah yang begitu penting untuk kita aktualisasikan saat ini. Guru mengajarkan kita tentang perbedaan yang disikapi dengan baik dan tanpa pandang bulu. Mereka telah mengajarkan kebaikan kepada semua orang, tanpa memilah-milah atas dasar perbedaan. Guru adalah pemberi dan pendengar yang baik. Dengan tulus menyampaikan pelajaran dan mendengarkan keluh-kesah dengan penuh kesabaran, tanpa sedikitpun memendam kekecewaan," ujarnya.

"Saya masih ingat dengan dua sosok guru dan pendidik, Bapak Ruhiyat di Sekolah Dasar 73 Tebet Jakarta Selatan dan Ibu Sukati di Sekolah Menengah Atas 9 Jakarta. Bapak Ruhiyat sebagai pengajar mata pelajaran Bahasa Indonesia, terkenal kalem dan penyabar. Selama dididik oleh beliau, saya tak pernah melihat ada amarah dari raut wajahnya meski dikelilingi puluhan siswa dengan tabiat dan perilaku yang cenderung menyebalkan dan menjengkelkan," kenang Setya.

Masih kata dia, sebalikannya, Ibu Sukati, selalu meluapkan amarah dan emosinya yang menghiasi keseharian siswa SMA 9 Jakarta kala itu, menurut kita siswanya, Ibu Sukati yang berkaca mata memang sangat pas dengan ciri guru Matematika yang terkenal galak.

"Saya mengenang kedua sosok yang cenderung berlainan karakter terebut sebagai guru dan pendidik yang sesungguhnya. Mereka tidak sekedar mengajarkan apa yang tertera di atas kertas dan tercoret di papan tulis. Mereka mewariskan keteladan, bahwa kesabaran dan amarah yang ditujukkan pada saya mengandung nilai universal bagaimana menghadapi hidup dengan sabar dan mendisiplinkan diri dengan baik," paparnya.

Sementara, Ruhiyat kata Setya, memberikan tauladan akan pentingnya kesabaran menghadapi ujian kehidupan. Apalagi sebagai publik figur yang tidak pernah sepi dari fitnah, isu, maupun gosip.

Sementara dari Ibu Sukati, memberikan tauladan tentang mendisiplinkan diri dalam meraih impian dan tujuan hidup. Ibu Sukati berpesan, hidup yang cenderung keras membutuhkan ketegasan dan kedisiplinan agar mampu ditaklukkan, namun harus mengikuti peraturan dan aturan yang ada.

"Bangsa ini perlu mencontoh karakter guru yang senantiasa mengedepankan rasionalitas dalam bertindak. Bangsa ini perlu mencontoh guru yang senantiasa mendahulukan kepentingan bersama tanpa membeda-bedakan suku, agama, ras, kepentingan kelompok maupun kepentingan golongan," pintanya.

Warisan tradisi kebangsaan dan keIndonesiaan kita sangat sejalan dengan teladan yang telah diberikan oleh para guru dan pendidik di negeri ini. "Situasi sosial dan politik kita akhir-akhir ini sangat penting diwarnai oleh karakter guru yang sesungguhnya, agar Bangsa kita menjadi Bangsa besar, Bangsa yang "move on" demi kesejahteraan Rakyat Indonesia," tukasnya.

"Terakhir saya menghimbau kepada kita semua untuk memperingati hari guru bukan hanya ceremony semata, tapi Menghormati guru dan meneladani apa yang telah mereka contohkan dalam kehidupan kita," pungkas Setya Novanto. ***

wwwwwwhttps://143.198.234.52/sonic77https://159.223.193.153/https://64.23.207.118/http://152.42.220.57/