Home  /  Berita  /  GoNews Group

Kuliah Umum di UT, Nono Sampono Ajak Generasi Muda Pertahankan NKRI

Kuliah Umum di UT, Nono Sampono Ajak Generasi Muda Pertahankan NKRI
Letnan Jenderal TNI (Marinir) Purn. Dr. Nono Sampono, M.Si bersama mahasiswa saat memberikan kuliah umum.
Kamis, 24 November 2016 23:03 WIB
SENAYAN — Anggota Komite I DPD RI Asal Provinsi Maluku, Letnan Jenderal TNI (Marinir) Purn. Dr. Nono Sampono, M.Si dalam Kuliah Umum bertajuk “NKRI dan Cinta Tanah Air” dihadapan ribuan mahasiswa Universitas Terbuka (UT) menghimbau dan mengajak generasi muda Indonesia untuk semakin menumbuhkan dan mencintai bangsa Indonesia sebagai tanah air yang harus dibela dari berbagai ancaman dari dalam maupun ancaman dari luar.

“Saya berharap generasi muda sebagai tonggak estafet bangsa Indonesia, harus senantiasa menumbuhkan cinta tanah air dan semangat membela negara dalam menghadapi berbagai persoalan dan tantangan yang menghadang,” tegas Nono Sampono saat memaparkan materi kuliah umum.

Mantan Komandan Korps Marinir TNI AL ini juga mengatakan bahwa di era globalisasi ini berbagai tantangan dan paham-paham yang bermunculan seperti liberalisme, radikalisme, fundamentalisme, dan sekularisme yang secara jelas bertentangan dengan Pancasila sebagai jatidiri bangsa Indonesia.

“Di samping kita masih tetap memiliki ancaman bahaya laten komunisme. Oleh karena itu, upaya mempertebal rasa kebangsaan dan cinta tanah air perlu dilakukan secara massif kepada generasi muda Indonesia,” katanya.

Disampaikannya, upaya massif perlu dan secara terus menerus harus digencarkan kepada generasi muda Indonesia sejak dini akan paham kebangsaan dan cinta tanah air.

“Sehingga nilai-nilai dan jatidiri bangsa Indonesia tetap terawat dan terjaga,” tegas Mantan Kepala Badan SAR Nasional ini kepada ribuan mahasiswa yang hadir dalam kuliah umum tersebut.

Selain itu, Ketua Kaukus Indonesia Wilayah Timur DPD RI ini berpesan kepada generasi muda agar bersama-sama merawat bangsa Indonesia yang sudah memasuki usia 71 tahun ini dengan sungguh-sunguh dan jangan sampai bangsa Indonesia seperti Dinosaurus yaitu pernah menjadi binatang terbesar yang perkasa pada zaman dahulu, akan tetapi mengalami kepunahan dari kehidupan bumi.

“Saya berharap bangsa Indonesia jangan seperti Dinosaurus, negara besar yang pernah ada, akan tetapi kemudian punah atau seperti kerajaan besar yang pernah ada di Nusantara seperti Sriwijaya dan Majapahit. Dimana pernah mengalami kejayaan, akan tetapi kemudian hanya tinggal sejarah. Oleh karena itu, saya berharap kita bersama khususnya generasi muda harus menjaga dan merawat bangsa Indonesia agar terhindar dari keruntuhan. Kita harus belajar dari kehancuran Uni Soviet dan Yugoslavia, yang terpecah menjadi beberapa negara,” jelas Nono Sampono menutup paparan.rls

Editor:Sofad
Kategori:GoNews Group, Pendidikan, Sumatera Barat
wwwwwwhttps://143.198.234.52/sonic77https://159.223.193.153/https://64.23.207.118/http://152.42.220.57/